BATC 2024 - Indonesia Berebut Tiket Final dengan Thailand

Indra Widjaja & Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Indra Widjaja & Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim Putri Indonesia bertemu Thailand di semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia atau Badminton Asia Team Championship (BATC) 2024, Sabtu (17/2). Persiapan mental Ribka Sugiarto dan kawan-kawan menjadi fokus tim pelatih, menjelang pertandingan yang digelar di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, tersebut.

"Terima kasih untuk perjuangan para pemain yang sudah berjuang habis-habisan. Selamat atas kemenangannya dan Indonesia bisa maju ke semifinal," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Jumat (16/2) siang WIB.

"Saya minta kepada pemain untuk menjaga kualitas istirahat dan dipersiapkan mentalnya karena besok pasti lawannya lebih berat. Agar polanya bisa berjalan, saya meminta pemain rajin menonton video rekaman pertandingan lawan," Rionny, menegaskan.

Indonesia melaju ke semifinal setelah menang 3-0 atas tuan rumah Malaysia. Poin pertama bagi "Merah Putih" disumbangkan oleh Putri Kusuma Wardani, melalui kemenangan rubber game 21-12, 18-21, 21-13 atas Karupathevan Letshanaa dalam tempo 66 menit.

Ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto memperbesar keunggulan menjadi 2-0, berkat kemenangan tiga gim 21-14, 18-21, 21-15 atas Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dalam laga berdurasi 59 menit.

Tim putri Indonesia akhirnya meraih kemenangan 3-0 dan sukses menembus babak empat besar BATC 2024, setelah kemenangan Ester Nurumi Tri Wardoyo atas Wong Ling Ching dengan skor 14-21, 21-15, 21-16.

Dengan hasil ini, Indonesia akan bertemu dengan Thailand, yang melaju ke semifinal setelah mengalahkan Taiwan dengan skor 3-1. Tiga kemenangan para wakil negeri gajah putih itu diraih oleh Busanan Ongbamrungphan, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, dan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard. "Semua pemain harus siap menghadapi lawan di semifinal. Pemain harus berani fight di lapangan dan harus punya nyali," ujar Rionny.

"Tentu yang akan dimainkan adalah pemain yang paling siap dan telah tampil maksimal. Indonesia pasti akan menurunkan kekuatan terbaik," pungkasnya.