BWF WTF 2023 - Fajar/Rian Bertemu Bagas/Fikri di Hari Pembuka

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bertemu pada hari pertama BWF World Tour Finals (WTF) 2023 yang digelar di Hangzhou, China, Rabu (13/12). Dua pasangan Indonesia yang mengisi Grup B tersebut akan berlaga Lapangan Dua pada laga keempat fase grup. Dalam catatan pertemuan, Fajar/Rian unggul 5-2 atas Bagas/Fikri.

Namun, Bagas/Fikri membukukan kemenangan dari pertemuan terakhir mereka di semifinal Denmark Open 2023 dengan skor 21-11, 21-16, 21-12.

Antara melaporkan, sepanjang tahun ini, kedua pasangan tersebut memiliki rekam jejak yang cukup baik. Fajar/Rian memenangkan dua titel Turnamen BWF Super 1000, yakni Malaysia Open 2023 dan All England 2023.

Mereka juga merupakan runnerup pada Turnamen BWF Super 500 Korea Open 2023, lalu menjadi semifinalis di tiga Turnamen BWF Super 750 yaitu Denmark Open, Japan Open, dan India Open 2023.

Sementara, Bagas/Fikri adalah finalis di dua Turnamen BWF Super 750 French Open dan Denmark Open 2023, serta finalis di Thailand Open (Super 500) dan Orleans Masters 2023 (Super 300). Selain itu, mereka juga merupakan semifinalis di Thailand Masters 2023 (Super 300).

Di sisi lain, sebelum laga "all-Indonesian" tersebut, ada ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang akan bersua dengan wakil Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Dalam rekor head-to-head, Apri/Fadia dan Matsumoto/Nagahara baru bertemu sekali di Indonesia Open 2022, dengan kemenangan yang dibukukan oleh pasangan Indonesia.

Sementara, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung akan berhadapan dengan wakil Taiwan Tai Tzu Ying di babak grup ini. Dalam delapan kali pertemuan, Tai memenangkan semuanya. Dengan kondisi fisik dan kepercayaan diri yang membaik dari Gregoria, masih ada kemungkinan baginya untuk memutus dominasi Tai atas dirinya.

Sektor tunggal putra juga akan menjadi sorotan pada hari pertama BWF World Tour Finals, mengingat Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan unggulan pertama Kodai Naraoka dari Jepang. Sejauh ini, Ginting memenangkan dua laga terakhir melawan Naraoka, meskipun keduanya memiliki kemampuan yang bisa dibilang cukup berimbang.

Pertandingan terakhir dari wakil Indonesia akan diisi oleh Jonatan Christie yang siap bertanding melawan juara dunia 2023, Kunlavut Vitidsarn dari Thailand.

Jonatan juga unggul 4-3 dari Kunlavut yang baru saja mengklaim gelar juara dunia. Pertemuan terakhir mereka adalah di Japan Open 2023 dengan kemenangan yang diraih Jonatan 21-16, 21-16.