BWF WTF 2023 - Fajar/Rian Jaga Fokus Jelang Semifinal

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menjaga fokus mereka jelang melakoni semifinal BWF World Tour Finals (WTF) 2023 di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, Sabtu (16/12).

"Besok di semifinal harus lebih fokus lagi. Kami harus memperhatikan dan menjaga stamina karena lumayan terkuras di tiga pertandingan ini. Lawan siapa pun besok kami harus siap," kata Fajar.

Adapun pada hari ini, Fajar/Rian harus mengakui keunggulan Juara Dunia 2023 Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae pada babak ketiga fase grup, melalui rubber game 20-22, 21-17, 12-21.

Fajar/Rian mengaku belajar banyak hal dari pertandingan yang berlangsung cukup alot tersebut, salah satunya adalah mengontrol emosi demi bisa tampil lepas dan tidak kehilangan fokus serta momentum. "Di gim pertama, setelah unggul 20-16 tapi tidak bisa menyelesaikan pertandingan karena kami terlalu terburu-buru. Malah banyak mati sendiri sementara Kang/Seo bermain lebih safe," kata Fajar.

"Kami coba fokus terus di gim kedua, tidak terlalu memikirkan apa yang terjadi di gim pertama. Walaupun poinnya mepet-mepet tapi kami terus berusaha bagaimana menerapkan pola yang konsisten dari satu poin ke poin berikutnya," Rian, menambahkan.

Namun, pasangan peringkat lima dunia itu mengakui bahwa wakil Korea Selatan mampu bermain lebih sabar sehingga pada akhirnya memegang kontrol permainan di gim terakhir. "Di gim ketiga mereka lebih rapat, sulit dimatikan dan beberapa kali bola tanggung berhasil dikembalikan. Itu membuat kami cukup kesulitan," kata Fajar, seperti dilaporkan Antara.

Dengan ini, maka Fajar/Rian dan Kang/Seo dipastikan untuk maju ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023 setelah lolos dari fase grup B. Kedua pasangan ini kemungkinan akan bertemu dengan dua wakil tuan rumah di babak empat besar, yakni Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dan Liang Wei Keng/Wang Chang yang memimpin klasemen Grup A.