Hendra/Ahsan Melaju ke Perempat Final

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan bersiap menyambar pengembalian. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan bersiap menyambar pengembalian. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil melaju ke babak perempat final Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 usai menundukkan ganda putra nomor sepuluh dunia asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Bertanding di Impact Arena, Bangkok, Kamis (14/1), The Daddies menang dua game langsung dengan skor 21-19 dan 21-17 dalam tempo 34 menit.

Meski menang straight game, namun Hendra mengaku sempat tertinggal tempo saat mengawali permainan di game pertama. Beruntung, pasangan nomor dua dunia itu berhasil mengejar ketertinggalan dan berbalik mengambil alih kendali permainan.

“Tadi di awal game kami kalah start jadi mereka ambil inisiatif duluan menyerang padahal ini yang kami paling waspadai. Setelah itu kami mencoba bermain dengan pola yang kami siapkan, bagaimana menurunkan bola dulu dan bermain sabar,” jelas Hendra Setiawan dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

Hendra juga lantas memuji penampilan Rankireddy/Shetty yang mampu bermain cukup impresif sepanjang pertandingan lewat serangan-serangan yang tajam. “Pasangan India ini bagus sekali menurut saya, serangannya bagus, smash-nya kencang dan cepat. Jadi bagaimana kami bermain untuk meredam mereka tadi,” tuturnya.

Sementara itu, Rankireddy/Shetty mengaku sangat kecewa atas kekalahan ini. Sebab menurut mereka, di pertandingan ini ada kesempatan untuk mengalahkan Hendra/Ahsan. “Saya merasa itu adalah pertandingan yang bisa kami menangkan. Kami mengacaukannya. Kami unggul 19-18 pada game pertama dan terakhir kali kami bermain di Malaysia juga kami unggul 20-19. Itu masalah beberapa poin di momen-momen penting dan pengalaman mereka, mengambilnya dari kami,” ungkap Chirag Shetty kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

“Mereka menunggu kesalahan kami. Sudah berbulan-bulan (sejak kompetisi), saya merasa kami bisa bermain lebih baik. Itu akan membutuhkan waktu. Kami harus tenang pada tahap itu (poin kritis, red),” timpal Satwiksairaj Rankireddy menambahkan.

The Daddies menjadi wakil Indonesia pertama yang memastikan langkahnya ke babak perempat final Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000. Selanjutnya, Hendra/Ahsan akan berhadapan dengan ganda putra Korea, Choi Solgyu/Seo Seung Jae yang mampu memetik kemenangan dengan skor nyaman 21-9 dan 21-12 atas wakil tuan rumah, Weeraphat Phakarung/Wongsathorn Thongham.

Di atas kertas Hendra/Ahsan memang lebih diunggulkan. Tapi pada pertemuan sebelumnya di ajang Hong Kong Open 2019 BWF World Tour Super 500, mereka kalah di tangan Choi/Seo dengan skor 21-13, 12-21 dan 13-21.