Hong Kong Open 2023 - Kalahkan Okuhara, Putri KW ke 16 Besar

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani menang atas Nozomi Okuhara asal Jepang di babak 32 besar Hong Kong Open 2023, Rabu (13/9). Bertanding di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Putri menang dua gim langsung 21-7, 23-21 dalam tempo 36 menit. Inilah kemenangan pertama putri atas Okuhara dalam dua pertemuan.

"Saya belajar dari pertandingan-pertandingan sebelumnya, yang bertemu dengan yang di atas saya. Jadi tadi bisa lebih tenang mainnya," tanggap Putri usai berhadapan dengan pemain senior asal negeri sakura tersebut, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

Pada pertemuan pertama kedua pemain di babak 16 besar Australian Open 2022, Putri kalah tiga gim dari Okuhara, yang saat ini menempati peringkat 29 dunia tersebut. "Saya sudah pernah bertemu Nozomi sebelumnya dan saya sudah tahu apa kelebihan dan kekurangannya. Pukulan dia agak berbeda tipe dengan Akane (Yamaguchi), tapi sama-sama ulet. Saya tadi coba untuk menjauh-jauhkan bola dari jangkauan dia," jelasnya.

"Di gim kedua itu, sisi lapangan saya menang angin. Jadi pukulan saya banyak tidak pas karena bolanya terlalu laju. Akhirnya diingatkan pelatih untuk sedikit mengubah pola," Putri, menambahkan.

Di babak berikutnya, Putri akan menantang unggulan keenam dari China, Han Yue. Dalam catatan head-to-head, kedua pemain baru sekali bersua yang dimenangkan oleh Han. "Senang bisa ke 16 besar. Semoga saya bisa terus menanjak performanya dan yang tadinya kalah dari lawan, nanti bisa menjadi menang," demikian Putri.