(India Open Super Series 2016) Pulangkan Unggulan, Riky/Richi ke Semifinal

Internasional ‐ Created by RYN

NEW DELHI - Riky Widianto/Richi Puspita Dili memastikan tempat di semifinal dengan membuat kejutan. Mereka menumbangkan unggulan ketiga asal Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen di perempat final, Jumat (1/4).

Riky/Richi harus berjibaku dalam rubber game sebelum lolos ke semifinal. Mereka melakoni laga selama 80 menit hingga akhirnya menang 23-25, 21-19, dan 23-21.

"Lawan hari ini sulit karena mereka merupakan pemain yang bagus, teknik juga bagus. Jadi kamu cukup bekerja keras," kata Richi.

Game pertama berlangsung ketat. Kedua pasangan kejar-mengejar dalam perolehan poin, bahkan hingga terjadi deuce. Sayang, Riky/Richi harus mengakui keunggulan lawan dan merelakan game pertama, 23-25.

Permainan Riky/Richi kian membaik di game kedua. Mereka mampu memimpin jalannya pertandingan dan memaksakan rubber game setelah memenangi game kedua dengan skor 21-19.

Di babak penentuan, Riky/Richi sempat tertinggal 13-17. Tak lantas menyerah, Riky/Richi melancarkan serangan demi serangan yang berbuah poin. Perlahan-lahan, mereka mengejar ketertinggalan hingga akhirnya berhasil merebut game ketiga dan memastikan kemenangan 23-21.

"Di game awal saya banyak melakukan kesalahan di sebelah kanan, jadi lawan mengincar ke kanan terus. Akhirnya saya memaksakan diri untuk berani mendahului lawan,” ujar Richi.

“Kami kasih mereka no lob dulu sampai mereka angkat, baru kami serang,” sahut Riky tentang strategi permainan mereka.

Selanjutnya, Riky/Richi akan bertemu pasangan Thailand, Bodin Issara/Savitree Amitrapai di semifinal. Riky/Richi pernah sekali bertemu di Vietnam Open 2015 dan mengantongi kekalahan.

“Kami banyak belajar dari kekalahan di Vietnam kemarin. Jangan sampai kesalahan kami terulang lagi, kami harus tampil lebih baik,” kata Richi.

“Kami juga harus lebih fokus dan mengurangi kesalahan di lapangan,” imbuh Riky.

Semifinal India Open Super Series 2016 akan berlangsung, Sabtu (2/4) mulai pukul 15.30 WIB. Selain Riky/Richi, ada tiga wakil Indonesia lainnya yang lolos ke babak ini. Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

 

Foto: badmintonindonesia.org