Indonesia International Challenge 2023 - Alwi Tembus Final

Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Medan | Tunggal putra Alwi Farhan melangkah ke final turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2023 seusai mengalahkan rekan satu negaranya, Tegar Sulistio. Dalam laga berdurasi 40 menit yang berlangsung di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (2/9), pemain berperingkat 103 dunia itu meraih kemenangan dua gim langsung 21-9, 21-18. Runner-up Osaka International Challenge 2023 itu mengaku mencoba menjaga fokus sepanjang laga.

Menghadapi rekan senegara, tidak mudah bagi Alwi mengingat satu sama lain sudah saling mengenal kelebihan dan kekurangan. "Senang rasanya bisa melangkah ke partai final. Pada pertandingan hari ini saya mencoba menjaga fokus dan konsistensi permainan," ungkap tunggal putra kelahiran 12 Mei 2005 itu kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Saat saya bisa terkejar perolehan angkanya oleh lawan, sebisa mungkin saya tidak panik dan tetap menjaga fokus pertandingan," Alwi, menambahkan.

Di pertandingan ini semifinalis Badminton Asia Junior Championships 2023 itu termotivasi untuk tampil lebih baik mengingat masyarakat Kota Medan memberikan dukungan penuh buat dirinya. "Melihat penonton yang mulai memadati GOR Pancing jujur membuat saya termotivasi untuk bermain lebih baik lagi. Menurut saya ini tidak sesuai ekspektasi karena banyak penonton datang mendukung saya di sini," tutur kapten tim bulu tangkis beregu Indonesia pada Badminton Asia Junior Championships 2023 tersebut.

Dengan hasil ini, Alwi akan menantang unggulan ke-6 asal Sri Lanka, Viren Nettasinghe. Di pertandingan sebelumnya, Viren mengatasi wakil Indonesia lainnya, Krishna Adi Nugraha, lewat rubber game 17-21, 21-7, 21-15.