Indonesia International Challenge 2023 - Tuan Rumah Raih Empat Gelar Juara, Thailand Curi Satu Kemenangan

Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardi & Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn (Humas PP PBSI)
Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardi & Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Medan | Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn memberikan satu gelar juara bagi Thailand dari sektor ganda campuran pada Indonesia International Challenge 2023, Minggu (3/9). Indonesia merebut satu titel kampiun dari sektor tunggal putra, sementara gelar juara tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri, sudah dipastikan menjadi milik tuan rumah setelah tercipta "all-Indonesian finals"

Pada laga pembuka dari rangkaian partai final di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum keluar sebagai juara berkat kemenangan atas pasangan besutan PB Djarum, Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana. Jesita/Febi menang dua gim langsung 21-17, 21-11 dalam tempo 37 menit.

Berikutnya, ganda putra senior Berry Angriawan/Rian Agung Saputro meraih gelar juara di turnamen level International Challenge ini, seusai mengalahkan unggulan teratas Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfani lewat rubber game 19-21, 21-19, 21-17.  Titel kampiun ini, bagi Berry/Rian, di luar ekspektasi. Mengingat persiapan menjelang turnamen keduanya tidak berlatih intensif.

Alwi Farhan sukses merebut gelar juara tunggal putra setelah mengemas kemenangan dua gim langsung 21-15, 21-10 atas wakil Sri Lanka, Viren Nettasinghe. Pemain berperingkat 103 dunia itu merasa kepercayaan dirinya muncul sejak awal, mengingat penonton yang memadati GOR Pancing untuk memberikan dukungan penuh. Hal tersebut membuat Viren kewalahan sehingga harus menyerah straight games dalam tempo 32 menit.

Kemudian di sektor tunggal putri, Ester Nurumi Tri Wardoyo sukses mempertahankan gelar juara. Pemain berperingkat 68 dunia itu menang dengan skor 21-13, 21-16 atas sesama wakil Indonesia, Gabriela Meilani Moningka, dalam tempo 45 menit.

Satu-satunya gelar juara yang gagal diraih wakil "Merah Putih", yakni dari sektor ganda campuran. Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardi harus puas menjadi runner-up. Setelah menderita kekalahan rubber game 17-21, 21-12, 9-21 dari wakil Thailand, Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn.

Hasil di final turnamen ini disyukuri Marwan/Jessica, mengingat lawan-lawan yang dihadapi tidak mudah. Kekalahan ini dijadikan pembelajaran untuk keduanya menatap turnamen berikutnya agar bermain lebih konsisten lagi. "Kami harus menambah tenaga lagi untuk menghadapi lawan yang bermain dengan gaya seperti itu. Evaluasinya banyak di laga ini kami juga harus lebih siap lagi dari awal laga ke depannya," jelas Jessica kepada tim Humas PP PBSI.

Berikut hasil final Indonesia International Challenge 2023:

  • Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana vs. Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum (2) 17-21, 11-21
  • Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (1) vs. Berry Angriawan/Rian Agung Saputro 21-19, 19-21, 17-21
  • Alwi Farhan (7) vs. Viren Nettasinghe (Sri Lanka/6) 21-15, 21-10
  • Gabriela Meilani Moningka vs. Ester Nurumi Tri Wardoyo (3) 13-21, 16-21
  • Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani vs. Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn (Thailand) 17-21, 21-12, 9-21