Indonesia Masters 2021 - Bagas/Fikri Singkirkan Fajar/Rian

Bagas Maulana & Muhammad Shohibul Fikri (Humas PP PBSI)
Bagas Maulana & Muhammad Shohibul Fikri (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Nusa Dua | Ada kejutan dari pertandingan ganda putra antara dua pasangan Indonesia di babak pertama Indonesia Masters 2021, di Nusa Dua, Bali, Selasa (16/11). Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menyingkirkan unggulan keempat turnamen Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melalui drama tiga gim 13-21, 21-18, 22-20 dalam tempo 61 menit.

Pertarungan sengit sudah terjadi sejak gim pertama, saat Fajar/Rian menerapkan pertahanan rapat untuk menghalau serangan Fikri/Bagas yang memainkan drive rendah.

Fajar/Rian, yang bermain lebih sabar, sukses menghalau serangan ganda putra peringkat 31 dunia itu. Keduanya juga baru melakukan serangan balik ketika Fikri/Bagas kehabisan tenaga setelah diajak bermain reli.

Faktor tenaga yang terkuras juga membuat Fikri/Bagas gagal mengeksekusi serangan balik dan justru membuat kok menyangkut di net. Setelah 16 menit berlalu, Fajar/Rian mengunci keunggulan lewat skor 21-13 pada gim pertama.

Antara melaporkan, persaingan antara Fajar/Rian dan Fikri/Bagas menjadi lebih alot setelah pergantian lapangan di gim kedua. Fikri/Bagas yang semula kesulitan mendulang poin, kini mampu membayangi catatan angka dari seniornya itu.

Meski tertinggal 6-8, namun mereka mampu mengimbangi menjadi 8-8 dan kemudian terus bersaing ketat hingga skor 12-12. Dari skor ini, Bagas/Fikri mencuri dua poin hingga unggul 14-12.

Fajar/Rian tak mau kalah dengan balik menyusul dua poin dan skor pun imbang 14-14, namun angka ini tak berlangsung lama karena Bagas/Fikri kembali memimpin.

Jelang gim poin 19-17, Fajar sempat mengajukan challenge namun gagal sehingga menguntungkan lawannya yang mencapai gim poin. Tak lama kemudian, gim kedua dipastikan menjadi milik Bagas/Fikri dengan skor akhir 21-18 dan memaksa dimainkannya gim ketiga.

Di gim penentu, serangan Fikri/Bagas menjadi lebih rapat menghujam pertahanan Fajar/Rian yang justru mengendur. Akibatnya Fajar/Rian tak bisa mengontrol tempo permainan dan hanya bertumpu pada kecekatan mereka menghalau bola.

Perolehan skor terjadi secara ketat saat kedua pasangan saling kejar-mengejar meraih poin, jelang pengujung pertandingan.

Bagas/Fikri terlebih dulu mencapai gim poin 20-19. Namun, Fajar/Rian tak mau kalah dan menyamakan kedudukan. Sayangnya, Fajar/Rian kehilangan dua poin akibat kesalahan yang dilakukan Rian saat melakukan pengembalian terakhir, kok justru menyangkut di net.

Dengan dua poin "gratis" ini, Bagas/Fikri sukses melangkahi seniornya untuk melenggang ke babak 16 besar turnamen level Super 750 ini.