Indonesia Masters II 2023 - Jepang Mendominasi, Tuan Rumah Raih Dua Titel Kampiun

Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat & Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (Humas PP PBSI)
Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat & Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Surabaya | Jepang membawa pulang tiga gelar juara Indonesia Masters II 2023 melalui Takuma Obayashi pada nomor tunggal putra, Tomoka Miyazaki (tunggal putri), serta Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura (ganda putra). Sementara, tuan rumah Indonesia meraih titel kampiun melalui Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (ganda putri) dan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (ganda campuran).

Lanny/Ribka menjadi wakil Indonesia pertama yang keluar sebagai juara pada turnamen level BWF Tour Super 100 ini. Mereka mengalahkan pasangan senegara, Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose, dalam laga final di Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (29/10). Pasangan berperingkat 28 dunia itu menang dengan skor 21-12, 21-16 atas Meilysa/Rachel.

"Kami bertekad untuk bisa tampil lebih konsisten lagi ke depannya. Sebisa mungkin kami tidak mau terlena karena di turnamen yang levelnya jauh lebih tinggi berhadapan dengan lawan-lawan tangguh," jelas Ribka via siaran pers Humas  PP PBSI.

Sementara, gelar kedua bagi tuan rumah yang diraih Jafar/Aisyah, diharapkan menjadi pelecut prestasi agar bisa menular saat tampil pada turnamen yang levelnya jauh lebih bergengsi. "Kami masih banyak yang harus diperbaiki khususnya fisik," tanggap Jafar.

"Kami harus lebih menambah hal tersebut mengingat turnamen yang levelnya lebih tinggi persaingannya sangat ketat sehingga membutuhkan kondisi fisik yang selalu prima," tambahnya.

Sementara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa datang ke Jatim Expo untuk menyaksikan secara langsung laga antara Jafar /Aisyah dan pasangan Thailand Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaiprapara. Alumni Universitas Airlangga itu mengaku tegang, mengingat Jafar/Aisyah mendapat perlawanan ketat wakil negeri "Gajah Putih" tersebut. Beruntung, pasangan berperingkat 58 dunia itu bisa tetap tenang dan akhirnya meraih gelar juara seusai menang straight games 21-17, 21-19 dalam tempo 37 menit.

"Saya sempat tegang saat menyaksikan pertandingan final kali ini. Beberapa kali skor ketat sebelum akhirnya Jafar/Aisyah bisa memenangkan pertandingan. Selamat buat Jafar/Aisyah," kata Khofifah.

Berikut hasil final Indonesia Masters II 2023:

Ganda Putri

  • Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (Indonesia/1) vs. Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose (Indonesia2) 21-1, 21-16

Tunggal Putra

  • Choi Ji Hoon (Korea Selatan) vs. Takuma Obayashi (Jepang/2) 8-21, 19-21

Tunggal Putri

  • Pornpicha CHOEIKEEWONG (Thailand/6) vs. Tomoka Miyazaki (Jepang) 9-21, 15-21

Ganda Putra

  • Choong Hon Jian/Muhammad Haikal vs. Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura (Jepang) 16-21, 18-21

Ganda Campuran

  • Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat (Thailand/1) vs. Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (Indonesia/6) 17-21, 19-21