French Open 2023 - Jojo Akhirnya Juara Super 750

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Untuk kali pertama, Jonatan Christie naik ke podium tertinggi turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750. Tunggal putra Indonesia itu keluar sebagai juara French Open 2023 seusai mengalahkan unggulan kedelapan asal China, Li Shi Feng, lewat pertarungan rubber game 16-21, 21-15, 21-14 di Glaz Arena, Rennes, Prancis, Minggu (29/10). Inilah gelar juara ketiga Jonatan pada tahun ini, setelah Hong Kong Open 2023 dan Indonesia Masters 2023.

"Pertama, puji syukur, puji Tuhan karena ini adalah titel pertama saya di level Super 750 yang sudah lama saya nanti-nantikan. Sudah beberapa kali saya masuk final tapi belum mampu juara," ujar Jojo, sapaannya, kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Pemain yang menempati unggulan kelima ini menyatakan, pertemuan keempatnya ini dengan Li terbilang tidak mudah. Bahkan, ia merasa tegang di awal gim pembuka, sehingga kerap melakukan kesalahan sendiri. Alhasil, Li mampu mengemas kemenangan 21-16 di gim pertama.

"Di gim kedua saya melakukan perbaikan dengan bermain lebih rapi dan mencoba untuk membuat lawan banyak berlari," jelas Jojo.

Jojo memastikan titel kampiun setelah memenangi dua gim berikutnya dengan permainan yang meyakinkan. Ia pun kehilangan kata-kata setelah gelar juara berada di tangan. "Tadi setelah pertandingan selesai, saya merasa speechless. Di dua sampai tiga turnamen terakhir, saya tidak bermain optimal lalu banyak orang meragukan. Tapi, balik lagi rencana Tuhan kita tidak pernah tahu," kata peraih medali emas Asian Games Jakarta-Palembang 2018 ini.

"Jadi, saat di bawah, saat di atas, saya mau menikmati setiap momennya," demikian Jojo.