Kejuaraan Dunia 2023 - Gregoria: Banyak Kesalahan Sendiri

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Gregoria Mariska Tunjung gagal melaju ke semifinal Kejuaraan Dunia 2023 setelah kalah dari unggulan kedua asal Jepang, Akane Yamaguchi. Bertanding di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark, Jumat (25/8), tunggal putri andalan Indonesia itu kalah dua gim langsung 16-21, 18-21 dalam tempo 38 menit. "Banyak kesalahan sendiri," keluh Jorji, sapaannya.

"Saya belum puas dengan penampilan yang tidak sesuai dengan keinginan saya di pertandingan ini. Harusnya saya bisa bermain lebih baik, meskipun hasilnya tidak menang," kata Jorji usai pertandingan, kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Saya senang bisa lolos ke delapan besar kejuaraan dunia, tetapi tak puas secara penampilan hari ini," tambahnya.

Lebih lanjut atlet kelahiran Wonogiri ini mengaku dapat melalui pertandingan ini tanpa merasa tegang. Namun, kembali Jorji menyatakan, sejumlah kesalahan kembali tercipta dalam pertemuan ke-16 dengan Yamaguchih tersebut. "Itu yang membuat lawan malah jadi makin percaya diri menghadapi saya," tuturnya.

"Harus diakui, lawan secara permainan lebih siap. Sementara saya banyak melakukan kesalahan sendiri. Tekanan ini tentu berpengaruh terhadap penampilan. Hasil ini bukan seperti yang saya inginkan," Jorji, menjelaskan.

Secara umum ia menilai, banyak hal yang mesti evaluasi pasca-Kejuaraan Dunia 2023. Namun, secara spesifik, banyak pelajaran yang didapat dari pertandingan melawan Yamaguchi. "Lawan dari awal sudah tahu cara bermain dan menerapkan pola untuk melawan saya. Sedangkan saya lambat menemukan cara main untuk mengalahkan lawan," katanya.

"Ke depan, saya berharap bisa tampil lebih baik lagi. Hasil ini bisa saya terima dan jadi pelajaran dan untuk berkaca agar ke depan bisa lebih baik lagi," demikian Jorji.