Kevin/Marcus Kembali Ke Posisi Satu Dunia, Jordan/Debby Melesat Naik Peringkat

Internasional ‐ Created by AH

Keberhasilan Kevin Sanjaya /Marcus Fernaldi Gideon menjadi juara di Japan Open Superseries 2017 beberapa waktu lalu, dan menjadi runner-up Korea Open Superseries satu pekan sebelumnya, menjadi faktor terbesar pasangan ganda putra terbaik tanah air ini, kembali mengisi posisi rangking satu dunia.

Seperti dirilis federasi bulutangkis tertinggi dunia, BWF pada Kamis (28/9/2017) atau pekan ke-39 pada musim 2017. Kevin/Marcus menggeser pasangan Denmark yang juga sekaligus musuh bebuyutannya, Mathias Boe/Carsten Mogesen, yang kini harus rela turun satu peringkat.

Keberhasilan juga dirasakan oleh juara Korea Open Superseries 2017, yakni pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto. Keduanya melesat ke posisi tiga dunia dan sekaligus menyalip seniornya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang harus turun ke peringkat empat dunia.

Hal itu bisa terjadi karena pasca juara di Korea, Praveen/Debby mampu menjadi semifinalis di Japan. Sementara itu, peringkat satu dan dua dunia ganda campuran di tempati oleh dua wakil Tiongkok, yakni Zheng Siwei/Chen Qingchen diposisi pertama dan Lu Kai/Huang Yaqiong diposisi kedua.

Dari sektor tunggal putra, dua wakil Indonesia yang membuat kejutan di Korea Open beberapa waktu lalu, dengan berhasil menciptakan All Indonesia Final, masih bertahan di dua puluh besar dunia. Jonatan Christie di posisi 13, dan Anthony Sinisuka Ginting di posisi 18 dunia.

Sementara itu dari sektor ganda putri, dua pasang berada di 20 besar dunia. Yakni Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani diposisi 16, dan Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari berada di peringkat 17. Sedangkan pasangan baru Greysia Polii/Apriani Rahayu terus behasil menambahkan pundi-pundi poinnya, dan kali ini berada di posisi 45 dunia. Sebelumnya satu minggu yang lalu, juaraThailand Open Grand Prix Gold 2017 masih ada di peringkat 50 dunia.

Sementara dari sektor tunggal putri, sampai saat ini belum ada yang berhasil masuk dalam 20 besar dunia. Hanya ada nama Fitriani yang memiliki rangking tertinggi di posisi 22 dunia. Sedangkan Hanna Ramadini juga masih bertahan di peringkat 33 dan Dinar Dyah Ayustine berada di posisi 39 dunia.