Kumamoto Masters Japan 2023 - Fajar/Rian Mundur

Sesi latihan ganda putra di pelatnas PP PBSI (Djarum Badminton)
Sesi latihan ganda putra di pelatnas PP PBSI (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memutuskan mundur dari Kumamoto Masters Japan 2023 yang bergulir pada 14-19 November di Kumamoto, Jepang. Sejatinya, ganda putra Indonesia berperingkat empat dunia itu menempati unggulan kedua, dan bertanding di babak 32 besar turnamen BWF World Tour Super 500 tersebut melawan pasangan asal Jerman, Mark Lamsfuß/Marvin Seidel.

"Fajar/Rian sebenarnya mereka akan berangkat ke Jepang dan China. Tapi supaya persiapannya lebih bagus, ke jepang di-cancel. Supaya persiapannyya di China lebih bagus," papar pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Aryono Miranat, kepada wartawan pada Jumat (3/11) pagi di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta.

Aryono merujuk pada China Masters 2023 yang digelar di Shenzhen, China, 21-26 November. Ia pun berharap, Fajar/Rian dapat meraih hasil yang jauh lebih baik pada turnamen level Super 750 tersebut, selepas rangkaian turnamen di Eropa pada Oktober lalu.

Pada lawatan tur Eropa, Fajar/Rian mencapai babak empat besar Denmark Open 2023. Mereka kalah di semifinal dari pasangan senegara, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Namun, menurut Aryono, kepercayaan diri Fajar/Rian sedikit meningkat, terutama seusai merebut kemenangan rubber game dari pasangan Inggris, Ben Lane/Sean Vendy, di babak 16 besar. "Biasanya, kan, kalah sama Ben Lane/Sean Vendy. Kemarin menang, jadi ada rasa percaya diri naik dari situ," ungkapnya.

Namun, insiden kontroversial pada perempat final French Open 2023, menurut Aryono, turut mengganggu konsentrasi Fajar/Rian. "Waktu di Prancis itu ada insiden kecil, tapi itu bukan alasan atas kekalahan mereka. Tapi, itu ada pengaruh juga," kata Aryono.

"Mudah-mudahan, ke depannya, mereka bisa fight lagi dan lebih percaya diri lagi," pungkasnya.