(Macau Grand Prix Gold 2016) Tiongkok Juara Umum di Macau

Lee Jhe-huei/Lee Yang
Lee Jhe-huei/Lee Yang Berhasil Menggagalkan Tiongkok Menyapu Bersih Gelar Juara di Macau Grand Prix Gold 2016 (Badminton Photo)
Internasional ‐ Created by RR

Macau - Tiongkok gagal menyapu bersih gelar pada ajang Macau Open Grand Prix Gold 2016. Satu-satunya gelar yang lepas dari genggaman Tiongkok adalah nomor ganda putra yang sukses diraih pasangan Taiwan, Lee Jhe-huei/Lee Yang. Meski demikian, Tiongkok dipastikan menjadi juara umum dengan raihan empat gelarnya.

Pada partai final yang berlangsung Minggu (4/12), Lee/Lee berhasil menaklukkan unggulan kelima Tiongkok, Lu Kai/Zhang Nan. Mereka menang lewat pertarungan tiga game dengan skor 17-21, 21-18 dan 21-19.

Pada nomor ganda campuran, pasangan Zhang Nan/Li Yinhui mengalahkan unggulan ketujuh asal Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet. Mereka berhasil menang dua game langsung 21-19 dan 21-15.

Chen Yufei turut menyumbang gelar untuk Tiongkok. Pemain unggulan keenam ini menang atas rekan satu negaranya, Chen Xiaoxin, dengan skor 21-13 dan 21-18.

Kejutan terjadi di nomor tunggal putra, Zhao Jun Peng di luar dugaan mampu mengalahkan unggulan pertama asal Taiwan, Chou Tien-chen. Zhao menang dengan skor 21-11 dan 21-19.

Indonesia sebenarnya menempatkan satu wakilnya di partai puncak, yaitu pasangan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istirani. Sayang, mereka belum mampu melanjutkan tren positifnya dengan mengalahkan ganda putri Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan. Anggia/Ni Ketut takluk 15-21, 13-21 dari unggulan pertama tersebut.