Spain Masters 2023 - Praveen/Melati Kembali ke Final

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Djarum Badminton)
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melaju ke final Spain Masters 2023 setelah menaklukkan pasangan Denmark Mathias Thyrri/Amalie Magelund. Juara All England 2020 itu memenangi laga tiga gim dengan skor 21-15, 22-24, 21-12 dalam tempo 54 menit. Inilah final pertama Praveen/Melati sejak kali terakhir mereka menembus partai puncak Thailand Open 2021.

Laga yang berlangsung di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol ini, sudah berlangsung sengit sejak awal gim pembuka. Kedua pasangan saling kejar-mengejar angka hingga skor 7-6. Ketatnya persaingan membuat para pemain mengajukan tiga kali challenge kepada wasit, meski pertandingan baru berlangsung lima menit.

Thyrri/Magelund unggul 11-10 saat interval gim pertama.

Seusai interval, Praveen/Melati mulai menunjukkan dominasi mereka dan berhasil meraup tujuh poin beruntun sejak kedudukan imbang 12-12 hingga 19-12. Gim pertama menjadi milik Praveen/Melati menang gim pertama 21-15 dalam tempo 15 menit.

Dominasi Praveen/Melati kembali berlanjut pada awal gim kedua hingga unggul 7-3. Thyrri/Magelund mampu bangkit, meski keunggulan 11-7 masih milik Praveen/Melati pada interval gim kedua.

Usai interval, upaya Thyrri/Magelund untuk terus menempel angka seimbang membuahkan hasil. Namun, Praveen/Melati mampu keluar dari tekanan lawan dan berhasil mengantongi dua match point 20-18. Kedudukan tersebut tak mengurangi semangat Thyrri/Magelund yang kemudian berhasil menciptakan setting 20-20. Pasangan Denmark ini akhirnya mampu memaksakan gim ketiga seusai mengunci kemenangan 24-22. Pada gim kedua ini, Praveen/Melati gagal memanfaatkan tiga match point.

Pada gim penentu, Praveen/Melati tampak sangat mendominasi pertandingan hingga interval. Pasangan besutan klub PB Djarum ini unggul 11-1 pada interval gim penentu. Di sisi lain, Praveen/Melati juga diuntungkan dengan banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh Thyrri/Magelund.

Jalannya paruh pertama gim ketiga yang tampak berat sebelah terus berlanjut hingga Praveen/Melati unggul 19-6. Thyrri/Magelund tetap berusaha memberikan perlawanan dan berhasil merebut enam poin berturut-turut hingga kedudukan berubah menjadi 19-12. Namun, setelah memiliki delapan match point, Praveen/Melati menyudahi laga sebagai pemenang dengan skor 21-12.

Di final, Praveen/Melati akan bertemu unggulan kedelapan yang juga berasal dari Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Bøje.