Spain Masters 2024 - Rinov/Pitha Ulang Memori Manis 2021

Rinov Rivaldy, Herry Iman Pierngadi, & Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy, Herry Iman Pierngadi, & Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sekitar tiga tahun lalu pada turnamen bulu tangkis Spain Masters 2021 di Huelva, Spanyol, ganda campuran Indonesia naik ke podium teratas setelah mengalahkan pasangan Denmark, Niclas Nohr/Amalie Magelund dengan skor 21-18, 21-15 dalam tempo 39 menit. Tiga tahun kemudian pada Spain Masters 2024, mereka merebut gelar juara yang sama berkat kemenangan atas wakil China, Cheng Xing/Zhang Chi.

"Alhamdulilah kami bisa juara lagi. Tiga tahun terakhir adalah ujian buat kami tapi kami tetap berusaha untuk kembali lagi dan mungkin ini jalannya Tuhan hari ini kami bisa ke podium tertinggi," tanggap Rinov melalui keterangan pers Humas dan Media PP PBSI, Minggu (31/3).

Pada pertandingan yang berlangsung di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, ganda campuran berperingkat 17 dunia itu mampu bangkit dan merebut kemenangan dari Cheng/Zhang melalui rubber game 17-21, 21-12, 21-13 dalam tempo 54 menit. "Gelar juara ini sangat berarti bagi kami karna peluang untuk masuk Olimpiade masih sangat terbuka," kata pemain asal klub PB Djarum tersebut.

"Gelar juara ini sangat bermakna dan berharga. Banyak sekali artinya. Kami bersyukur bisa kembali juara," Pitha, menimpali komentar partnernya.

Pada Spain Masters 2021, Rinov/Pitha mampu mengatasi Emil Lauritzen/Iben Bergstein asal Denmark, Paul Reynolds/Rachael Darragh (Irlandia), Callum Hemming/Jessica Pugh (Skotlandia), dan Adam Hall/Julie MacPherson (Inggris). Hingga partai final melawan Nohr/Magelund, mereka tak pernah kehilangan satu gim pun.

Hal hampir serupa juga terjadi ketika Rinov/Pitha melalui babak demi babak pada Spain Masters 2024. Mereka selalu menang straight games saat bertemu Sathish Kumar Karunakaran/Aadya Variyath (India), Hall/MacPherson, Chen Cheng Kuan/Hsu Yin-Hui (Taiwan), dan Reddy B. Sumeeth/Reddy Sikki (India). Pertarungan ketat tercipta hingga terjadi rubber game ketika Rinov/Pitha bertemu Cheng/Zhang di final. "Kami persembahkan gelar ini untuk keluarga, pelatih, tim ganda campuran, PBSI, dan semua yang ada di balik layar. Kami hanya yakin bahwa semua yang diperjuangkan akan ada hasilnya entah kapan, jadi coba terus selagi kesempatan itu masih diberikan," tanggap Pitha.

Inilah pencapaian terbaik Rinov/Pitha dari lima turnamen yang masuk dalam lawatan tur Eropa kali ini. Mereka kandas di babak awal pada German Open 2024 dan French Open 2024. Mereka berhasil menembus final dan mencapai podium kedua Orléans Masters 2024. Namun, sepekan berikutnya, Rinov/Pitha kembali gagal melewati babak 32 besar. Mereka kalah dari ganda campuran Taiwan, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin, pada turnamen bulu tangkis Swiss Open 2024.

Akhirnya, pada akhir pekan ini, Rinov/Pitha akhirnya sukses meraih titel kampiun setelah menang atas lawan yang mengalahkan mereka di final Orléans Masters 2024.