Spain Masters 2024 - Rinov/Pitha Juara!

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil meraih gelar juara Spain Masters 2024, Minggu (31/3). Bertanding di partai final yang digelar di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, pasangan berperingkat 17 dunia itu mampu bangkit dan memenangi drama tiga gim dengan skor 17-21, 21-12, 21-13 dalam tempo 54 menit, atas wakil China, Cheng Xing/Zhang Chi.

"Gelar juara ini sangat bermakna dan berharga. Banyak sekali artinya. Kami bersyukur bisa kembali juara," tutur Pitha kepada tim Humas dan Media PP PBSI, Minggu (31/3) petang WIB.

Menurut laporan Antara,  Rinov/Pitha tampil agresif dan taktis sejak gim pembuka. Namun, mereka sejak interval gim pertama dan gagal mengejar ketertinggalan poin, hingga Cheng/Zhang mengunci kemenangan dengan skor 21-17. Di gim berikutnya, unggulan keenam dalam turnamen itu mengubah strategi dan mengambil inisiatif untuk bermain ofensif, sehingga tampil begitu dominan dan tidak memberikan kesempatan bagi Cheng/Zhang untuk mengembangkan pola permainan.

Di gim penentu, Rinov/Pitha menerapkan strategi yang kurang lebih sama dan tidak cepat menyerah meski tertinggal dari lawan dalam perolehan angka. "Di gim kedua dan ketiga tadi kami lebih yakin dan berani dengan pola yang sudah kami siapkan," kata Rinov.

Inilah pencapaian terbaik Rinov/Pitha dari lima turnamen dalam lawatan tur Eropa kali ini. Mereka kandas di babak awal pada German Open 2024 dan French Open 2024, lalu berhasil menembus final dan mencapai podium kedua Orléans Masters 2024.  Namun, sepekan kemudian, Rinov/Pitha kembali gagal melampaui babak pertama. Mereka kalah dari pasangan Taiwan, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin,  pada Swiss Open 2024 .

Pada akhir pekan ini, Rinov/Pitha akhirnya sukses meraih titel kampiun setelah menang atas lawan yang mengalahkan mereka di final Orléans Masters 2024. "Kami persembahkan gelar ini untuk keluarga, pelatih, serta tim ganda campuran. PBSI dan semua yang ada di balik layar," kata Pitha.

"Kami hanya yakin bahwa semua yang diperjuangkan akan ada hasilnya entah kapan, jadi coba terus selagi kesempatan itu masih diberikan," pungkasnya.