Thailand International Challenge 2023 - Awal Kelabu Skuad Tunggal "Merah Putih"

Yonathan Ramlie (Djarum Badminton)
Yonathan Ramlie (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia diperkuat sembilan pemain tunggal putra dan delapan pemain tunggal putri pada Thailand Challenge 2023, 3-7 Maret. Namun, mayoritas dari mereka gagal melampaui babak pertama bahkan beberapa di antaranya tersisih di fase kualifikasi. Kini, hanya tersisa tiga pemain tunggal putra dan dua tunggal putri di turnamen yang digelar di Nakhon Ratchasima, Thailand, tersebut.

Dari sektor tunggal putra, Indonesia kehilangan satu wakil pada babak kualifikasi setelah Muhammad Reza Al Fajri kalah dari pebulu tangkis Malaysia Hooi Shao Herng pada Selasa (7/3).

Keesokan harinya, langkah sejumlah tunggal putra "Merah Putih" terhenti di hari pembuka turnamen. Bobby Setiabudi, Alfito Pringgo Yudanto, Yonathan Ramlie, Tegar Sulistio, dan Yohanes Saut Marcellyno, mengalami kekalahan di babak 32 besar.

Kini, tunggal putra Indonesia yang tersisa adalah Bodhi Ratana Teja Gotama, Iqbal Diaz Syahputra, Alvi Wijaya Chairullah. Ketiga pemain tersebut akan berlaga di babak 16 besar pada Rabu (8/3) petang.

Sementara, tunggal putri Indonesia kini hanya bertumpu pada Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Bilqis Prasista. Unggulan kedelapan Ester menang atas wakil India Aditi Bhatt, melalui pertarungan rubber game 14-21, 21-14, 21-18. Sementara Bilqis menang dua gim langsung 21-6, 21-12 atas wakil India lainnya, Prerana Neeluri.

Stephanie Widjaja, Ruselli Hartawan, Aisyah Sativa Fatetani, Yulia Yosephine Susanto, dan Mutiara Ayu Puspitasari, tersisih di babak 32 besar. Sementara, Tasya Farahnailah kalah dua gim langsung di babak kualifikasi dari wakil Jepang Shiori Saito.

Di babak 16 besar, Kamis (9/3), Bilqis akan menantang unggulan kelima dari Jepang Hirari Mizui dan Ester bertemu wakil Taiwan Huang Yu-Hsun.