3 ‘Ritual’ Putri KW Sebelum Bertanding

Putri Kusuma Wardani (Indonesia) saat menghadiri konfrensi pers Kejuaraan Nasional PBSI 2019.
Putri Kusuma Wardani (Indonesia) saat menghadiri konfrensi pers Kejuaraan Nasional PBSI 2019.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Setiap pemain biasanya memiliki ‘ritual’ atau kebiasaan yang sering dilakukan sebelum bertanding. Tak terkecuali bagi pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani. Kepada Djarumbadminton, Putri KW mengaku punya tiga ritual khusus yang dia lakukan sebelum bertanding. Memberi kabar kepada keluarga menjadi salah satu kebiasaan yang tidak pernah dia lewatkan.

“Setiap mau bertanding, aku pasti selalu ngasih kabar untuk keluarga. Pas ngasih kabar, papa dan mamaku pasti selalu bilang semangat ya Put dan jangan lupa berdoa. Bismillah saja, yakin pasti bisa. Dan kata-kata itulah yang sangat memotivasi aku untuk lebih semangat di pertandingan,” ungkap Putri Kusuma Wardani kepada Djarumbadminton.com.

Selain memberi kabar kepada keluarga, ritual Putri KW lainnya adalah menonton video pertandingan lawan mainnya. Lalu, dia juga punya kebiasaan mendengarkan musik sebelum bertanding. Menurut Putri, mendengarkan musik bisa sedikit membuatnya lebih tenang dan fokus.

“Biasanya aku lihat dulu video pertandingan lawan. Tapi sebelum main, aku juga pasti mendengarkan lagu. Nggak ada lagu khusus yang aku dengerin, random saja sih, he he he,” katanya.

Saat ini, Putri KW memang masih menempati nomor 261 dunia. Tapi belakangan, permainannya mulai memperlihatkan perkembangan yang cukup pesat. Buktinya, saat ambil bagian di dua kejuaraan internal PBSI, yakni Mola TV PBSI Home Tournament dan Mola TV PBSI Thomas & Uber Cup Simulation 2020, pemain binaan PB Exist Jakarta itu mampu tampil cemerlang di sepanjang turnamen.

Ketika berlaga di Mola TV PBSI Home Tournament, Putri KW berhasil melesat hingga ke partai puncak. Sayangnya, saat itu dia kalah dua game langsung dari tunggal putri nomor satu Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung dengan skor 17-21 dan 10-21.

Tapi pada dan Mola TV PBSI Thomas & Uber Cup Simulation 2020, pemain 18 tahun itu sukses menyapu bersih kemenangan atas tiga tunggal putri teratas Indonesia. Yakni Gregoria, Fitriani dan Ruselli Hartawan.