Bekal Chico untuk Mendekati Prestasi Ginting dan Jojo

Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Chico Aura Dwi Wardoyo meraih dua gelar juara dari turnamen tur dunia Federasi Bulu Tangkis Dunia dalam dua tahun terakhir, yaitu Malaysia Masters 2022 serta Taipei Open 2023. Pada tahun ini, ia juga mencapai final Indonesia Masters sebelum dikalahkan Jonatan Christie (Jojo) di laga puncak. Konsistensi permainan atlet kelahiran Jayapura, Papua ini dinanti pada level turnamen yang lebih tinggi.

"Final Indonesia Masters, gelar juara Taipei Open, serta pengalaman mengalahkan pemain top dunia seharusnya bisa menjadi bekal bagi Chico untuk mendekati prestasi Jonatan dan Anthony (Sinisuka Ginting). Mereka menjadi dua tunggal putra terbaik Indonesia dalam enam tahun terakhir tanpa ada satu pun pemain pelapis yang mengimbangi," tulis Kompas, Senin (26/6).

Asisten pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia Harry Hartono menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi dari tiga turnamen sebelum Taipei Open, penampilan Chico tidak buruk. Namun, Harry, yang mendampingi Chico saat berlaga di turnamen level BWF World Tour Super 300 tersebut, tetap menilai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Chico.

"Harus lebih teliti dan berani di poin-poin akhir. Saya yakin, Chico bisa meningkatkan itu semua. Hasilnya di Taipei, Chico bisa juara, bukti dia belajar dari evaluasi sebelumnya," tuturnya, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Minggu (25/6).

"Saya melihat Chico lebih banyak jaga mental dan pikirannya supaya rasa percaya diri dan ketenangannya bisa terus dikontrol dengan baik. Karena dari latihan, persiapannya sudah bagus dan maksimal," tambah Harry, mengenai performa Chico pada turnamen yang berlangsung di Tian-Mu Arena, University of Taipei tersebut.

Di sisi lain, dalam artikel dengan kepala berita "Menanti Chico Lebih Tinggi" tersebut juga disebutkan, Chico, yang berusia 25 tahun hanya setahun lebih muda dari Jonatan, peringkat ke-5  dunia, dan dua tahun lebih muda dari Anthony yang berada di peringkat kedua.