BWF Batalkan 3 Turnamen, Putri KW Kesal dan Kecewa

Ekspresi Putri Kusuma Wardani (Indonesia). (Foto: BADMINTONPHOTO - Raphael Sachetat)
Ekspresi Putri Kusuma Wardani (Indonesia). (Foto: BADMINTONPHOTO - Raphael Sachetat)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani merasa kecewa dan kesal menyusul keputusan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) yang memutuskan untuk membatalkan Korea Open 2021 BWF World Tour Super 500, Macau Open 2021 BWF World Tour Super 300 dan Taipei Open 2021 BWF World Tour Super 300. Alasannya karena wabah virus korona masih belum mereda dan cenderung meningkat di negara tersebut.

Padahal, ketiga turnamen tersebut merupakan kesempatan bagi para pemain muda atau pelapis unjuk gigi. Terlebih, Putri KW sudah berlatih keras untuk mempersiapkan diri jelang Korea Open 2021 BWF World Tour Super 500 yang seharusnya dijadwalkan berlangsung pada 31 Agustus hingga 5 September mendatang.

“Aku sih agak kesal dan kecewa sih (atas pembatalan turnamen tersebut, red). Soalnya, aku sudah persiapan gitu dan tinggal beberapa pekan lagi turnamennya, eh gak jadi. Padahal kapan lagi aku bisa main di Super 500,” ungkap Putri Kusuma Wardani kepada Djarumbadminton.com.

“Walaupun misalnya di turnamen selanjutnya juga aku bisa masuk (Super 500), tapi kan setidaknya aku bisa mencoba lebih awal lawan pemain-pemain senior yang punya pengalaman banyak,” sambungnya menambahkan.

Lebih lanjut Putri KW mengatakan bahwa dia sudah menjalani persiapan sejak beberapa pekan lalu untuk berlaga di Korea Open 2021 BWF World Tour Super 500. “Ya persiapannya seperti biasa, persiapan semestinya kalau mau turnamen. Mulai dari fisik dan teknik,” juara Spain Masters 2021 BWF World Tour Super 300 itu.

Sementara itu, dalam pernyataan resminya, BWF meminta maaf atas pembatalan tiga turnamen tersebut. Meski begitu, BWF mengatakan akan tetap berkomitmen untuk mengupayakan wadah kompetisi yang aman dan melindungi keselamatan para atlet serta stakeholder di tengah pandemi Covid-19.