Dudung Abdurachman Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum PP PBSI

Yudo Margono & Dudung Abdurachman bersama para pemenang KASAD Cup Badminton Exhibition Match 2023 (Djarum Badminton)
Yudo Margono & Dudung Abdurachman bersama para pemenang KASAD Cup Badminton Exhibition Match 2023 (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sejumlah Pengurus Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Pengprov PBSI) menyampaikan dukungannya kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman untuk memimpin Pengurus Pusat (PP) PBSI pada periode berikutnya. Dukungan dari Pengprov PBSI serta para legenda bulu tangkis Indonesia tersebut mengemuka di tengah kegiatan Kasad Cup Badminton 2023 di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Minggu (29/10).

Perwakilan Pengprov PBSI Bali I Wayan Winurjaya menilai, perhatian Dudung terhadap bulu tangkis Indonesia telah memberikan angin segar. Menurutnya, karakter mantan Panglima Komando Daerah V/Jayakarta itu dibutuhkan PBSI saat ini. "Kami, kan, lihat banyak dari tentara pernah memimpin PBSI, ada Pak Wiranto, Pak Joko Santoso. Nah, sekarang ada Pak Dudung, yang pernah berbuat nyata juga di dunia olahraga," jelasnya.

"Kami di Pengprov, melihat figur Pak Dudung salah satu yang cocok untuk suksesi 2024 karena kami lihat pesta olahraga khususnya turnamen bulu tangkis 2024 ini kan ramai ya. Untuk itu kami kini posisinya mendukung Pak Dudung," Wayan, menambahkan.

Sementara, legenda bulu tangkis Indonesia Joko Supriyanto mengatakan, keinginan Pengprov dan para legenda mendukung Dudung bukanlah sesuatu yang tiba-tiba. "Jadi kenapa Pak Dudung ini yang kita dorong? Menurut saya, kita butuh Pak Dudung yang 'satset', kerjanya selama di TNI itu gerak cepat. Semoga bisa membenahi PBSI dengan cepat. Keyakinan saya, kalau ada hal yang baik itu kan yang perlu disegerakan. Mudah-mudahan kejayaan akan kembali lagi oleh Pak Dudung," Joko, menjelaskan.

Sementara, peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 Susy Susanti mengapresiasi laga ekshibisi Kasad Cup Badminton 2023 yang digagas oleh Dudung. "Bagi kami mantan atlet atau legenda, kecintaan Pak Dudung ke bulu tangkis melalui Kasad Cup ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi bulu tangkis Indonesia," ujarnya.

Dudung, yang dimintai tanggapannya terkait dorongan dari sejumlah Pengprov dan para legenda bulu tangkis Tanah Air, mengaku siap. Saat menjabat kepala staf Angkatan Darat, Dudung menyatakan telah menggelar beragam kegiatan olahraga dengan titel "Kasad Cup".

Di sisi lain, lanjut Dudung, bulu tangkis adalah kebanggaan bangsa. Menurut dia, kebanggaan ini harus terus dijaga. Baginya, bulu tangkis mempunyai tempat di hati terdalam. "Saya mendapat informasi, dari Pengprov, legenda, dan PBSI sedang mengevaluasi. Saya belum tahu evaluasinya bagaimana. Saya kumpul dan makan malam dengan Pengprov kemarin menerima masukan," ungkapnya. "Kalau saya dicalonkan, prinsip saya sebagai prajurit, kalau demi bangsa dan negara, tidak pernah saya minggir," ujar perwira tinggi bintang empat ini.

Dudung mengakui, dunia bulu tangkis adalah tempatnya petarung yang punya kekuatan, mental baja, dan pemberani. Sehingga, andai nanti didorong dalam pencalonan ketua umum PBSI, ia akan maju dengan kepala tegak. "Terlepas dalam karier nanti saya jadi apa, tapi kalau dicalonkan jadi ketum (ketum) PBSI, saya siap. Bagi saya, prajurit harus siap, demi Indonesia bangkit dan Indonesia maju. Bulu tangkis Indonesia harus ditakuti lagi," pungkasnya.