Fajar Pilih Mudik jika Diizinkan

Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dalam satu pekan ini jutaan warga bakal pulang kampung. Mudik menjelang Lebaran adalah bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk merayakan Idul Fitri di kampung. Jika mendapat lampu hijau dari pelatih, atlet spesialis ganda Fajar Alfian juga tak ingin melewatkan momen melepas rindu dan bersilaturahmi dengan keluarga di daerah asal.

"Nah itu, kita juga belum tahu ya (bisa Lebaran dengan keluarga atau tidak), tergantung pelatih. Kita Lebaran tanggal 22, kalo nggak salah hari Sabtu. Ya mungkin kalau saya jaraknya, kan, Bandung-Jakarta nggak terlalu jauh, juga bisa pakai mobil sendiri pribadi atau juga kereta gitu, kan," kata Fajar, mengutip laporan laman berita Sportstars.id, Senin (17/4).

"Ya kalau misalkan nggak ada latihan, di hari Jumat sorenya saya ingin izin pulang dulu shalat Ied dan minta doa restu dari orangtua," tambah partner Muhammad Rian Ardianto tersebut.

Fajar memahami, ia bersama Rian tengah dalam persiapan akhir menjelang Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championship (BAC) 2023, 25-30 April, di Dubai, Uni Emirat Arab. Namun, BAC 2023 juga sangat berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah.

Selain itu, sisi latihan pun kian intens mendekati hari penyelenggaraan BAC2023, lantaran ganda putra menjadi salah satu nomor yang diharapkan dapat menyumbang gelar juara dari tiga titel yang ditargetkan oleh PP PBSI.

Sementara, atlet asal klub SGS-PLN Bandung itu juga sangat ingin berlebaran bersama keluarganya di Bandung. Selain merayakan hari raya tersebut, ia juga ingin meminta restu dan doa dari orangtuanya sebelum tampil di Dubai. "Biasanya saya, kan, sebelum kejuaraan juga pulang, minta doa langsung terhadap orangtua. Cuma ini belum tahu, lihat kondisi jalanan juga macet apa nggak, kan," pungkasnya.