Gregoria Tatap Target Lebih Tinggi

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by

Jakarta | Gregoria Mariska Tunjung menutup laga terakhir pada tahun ini dengan kemenangan pada fase penyisihan grup BWF World Tour Finals (WTF) 2023. Tunggal putri andalan Indonesia itu menang tiga gim 21-14, 20-22, 21-17 atas wakil Korea Selatan, Kim Ga Eun. Meski menang, ia gagal menembus babak empat besar dari turnamen di pengujung 2023 tersebut. Gregoria menatap target lebih tinggi pada musim kompetisi tahun mendatang.

"Tahun 2023 cukup ada hasil yang bisa saya nikmati dan saya bersyukur punya support system yang terus mendukung saya di tahun-tahun sebelumnya sehingga tahun ini berkat adanya mereka juga," jelas pemain yang akrab disapa Jorji ini, melalui keterangan pers Humas PP PBSI pada pekan lalu.

"Tapi di sisi lain, karena saya sudah di posisi ini, saya pasti punya target yang lebih tinggi dan saya tahu itu perlu usaha dan keinginan yang lebih lagi," tambah atlet asal Wonogiri, Jawa Tengah, tersebut.

Pada 2023, Jorji menciptakan rekor baru bagi dunia bulu tangkis Tanah Air, dengan menjadi tunggal putri pertama Indonesia yang menjuarai turnamen level BWF World Tour Super 500 melalui kemenangan Japan Masters 2023 pada November lalu.

Ia juga untuk kali pertama debut sebagai juara pada kategori tersebut, yang sebelumnya hanya berkutat dengan gelar dari level Super 300 di Spain Masters 2023 pada 28 Maret-2 April.

Jorji berpeluang menyandang gelar Super 500 perdananya di Malaysia Masters 2023. Namun, ia harus puas dengan posisi runner-up.

Namun, akhirnya Kumamoto Prefecture Gymnasium menjadi saksi dari konsistensi permainan Jorji selama sepekan, meski menghadapi lawan-lawan yang secara peringkat lebih diunggulkan.

Antara melaporkan, konsistensi tunggal putri berperingkat tujuh dunia itu terlihat dari lima pertandingan yang diikuti, seluruhnya dimenangkan hanya dengan dua gim langsung dan tidak kalah satu gim pun.

Hasil tersebut menjadi lompatan yang lebih tinggi bagi Jorji, karena sebelumnya banyak yang begitu menantikan gebrakan dari dirinya, terutama Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia.

Maklum saja, saat ini Jorji merupakan tunggal putri peringkat teratas yang dipunyai Indonesia. Oleh sebab itu Jorji punya beban yang cukup berat di pundaknya.

Namun, 2023 menjadi pembuktian karena tak hanya debut juara di level yang lebih tinggi, namun juga membuktikan kemampuannya untuk keluar dari masalah mental yang dihadapi.

Setahun sebelumnya, Jorji selalu tampil mengecewakan dan kerap mengaku minder ketika menghadapi lawan-lawan yang lebih superior. Namun, kondisi tersebut sukses dia patahkan dengan pencapaian barunya tahun ini, serta menggulingkan sejumlah tunggal putri yang lebih unggul.