Jelang BATC 2020, Pelatnas PBSI Disambangi Menpora

Greysia Polii (Kiri) bersalaman dengan Menteri Pemuda dan Olehraga Republik Indonesia, Zainudin Amali.
Greysia Polii (Kiri) bersalaman dengan Menteri Pemuda dan Olehraga Republik Indonesia, Zainudin Amali. (Foto: PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Jelang keberangkatan menuju Filipina untuk kejuaraan Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC), yang akan berlangsung di Manila mulai 11 hingga 16 Februari mendatang, tim bulutangkis Indonesia mendapatkan tinjauan langsung dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali di Pelatnas PBSI, Kamis (6/2).

Kedatangan Zainudin ke Cipayung kemudian didampingi Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto untuk berdialog langsung dengan para atlet serta pelatih terkait persiapan jelang Badminton Asia Team Championships 2020 dan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Dalam kesempatan ini, tim ganda putra, ganda putri, tunggal putra dan tunggal putri menyatakan kesiapan mereka untuk berjuang membela Merah Putih.

Tidak hanya berdialog, Zainudin juga melihat langsung kelengkapan yang ada di pelatnas Cipayung dan menyampaikan apresiasinya kepada PBSI atas upaya maksimalnya dalam membentuk ekosistim pembinaan yang baik.

"Saya datang ke pelatnas sekaligus melihat persiapan anak-anak kita yang akan berangkat mengikuti kejuaraan untuk mengumpulkan poin kualifikasi olimpiade. Bulutangkis adalah cabang olahraga yang cukup fasilitasnya, punya program pelatnas jangka panjang," kata Zainudin Amali dalam konferensi pers yang berlangsung di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

"Pemerintah mengapresiasi upaya dari pengurus PBSI yang sudah memikirkan atlet untuk setiap tahapan sudah dipersiapkan. Ada pratama dan utama, saya kira harus seperti itu, jadi kalau yang senior sudah tidak punya kemampuan berprestasi, lapisan di bawahnya sudah tersedia," lanjutnya menambahkan.

Sementara itu, mengawali kunjungannya di pelatnas PBSI, Zainudin meninjau beberapa fasilitas serta sarana dan prasarana yang terdapat di pelatnas, diantaranya ruang gym, lapangan latihan, asrama putra, jogging track, ruang makan, serta lapangan pasir. 

Dilanjutkan Zainudin, ia bahkan mencoba beberapa alat penunjang latihan fisik yang tersedia di pelatnas dan menurutnya alat tersebut bagus untuk pembinaan fisik para atlet. 

"Di sini fasilitasnya, seperti urusan makannya seperti apa, asramanya seperti apa, saya sudah lihat. Bahkan saya sudah coba peralatan untuk latihan fisik, ini bagus untuk pembinaan fisik. Teknik dan strategi ada pelatihnya, fisik juga ada programnya. Terima kasih kepada PBSI, karena sudah berupaya semaksimal mungkin, sebagaimana kita ketahui, prestasinya mengharumkan nama bangsa," jelasnya.

Tim Badminton Asia Team Championships 2020 Indonesia rencananya akan bertolak ke Manila, Filipina, pada Sabtu (8/2) mendatang. Jumat (7/2), tim akan menjalani latihan terakhir sebelum terbang ke Manila.