Kejurnas Beregu 2022 - Ada Rambitan di Pelatnas

Sarah Rambitan & Yohanes Rambitan (Djarum Badminton)
Sarah Rambitan & Yohanes Rambitan (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sudah cukup lama Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan tak mampir di pelatnas PP PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, karena harus melalui masa pemulihan cedera lutut yang dialaminya saat bertanding di babak delapan besar Indonesia Open 2022. Namun, dalam beberapa terakhir pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2022, tiga anggota keluarga Rambitan muncul di pelatnas, yakni Timothy Rambitan, Yohanes Rambitan, dan Sarah Rambitan. Ketiganya adalah wakil PB Kasih yang ditukangi oleh Timothy, ayah sekaligus pelatih dari Yohanes, Yeremia, dan Sarah.

Di Lapangan 2 yang mempertandingkan kategori beregu, Timothy tampak setia duduk di belakang lapangan sembari memberikan instruksi kepada Sarah, Yohanes, serta sejumlah pemain yang diasuh di klubnya tersebut.

Sarah, si bontot dari tujuh bersaudara, dipadukan dengan Yohanes untuk bermain pada sektor ganda campuran. "Agak deg-degan, sih. Takut salah-salah, tapi saya berusaha untuk bermain lepas," tutur Sarah, yang juga turun pada nomor tunggal putri.

Sementara, Yohanes, kakak dari Yere, mengungkapkan kedua orangtuanya terlebih dahulu berkecimpung di dunia atletik. Namun, ketertarikan Timothy terhadap bulu tangkis, justru tertular kepada anak-anaknya hingga satu di antara mereka berhasil tembus pelatnas. "Kita tujuh bersaudara. tadinya kakak yang nomor satu juga main, cuma berhenti. Yang sekarang paling aktif main Yere di pelatnas sama adik saya yang satu ini yang paling kecil, Sarah," tutur alumnus PB Djarum tersebut.

Lebih lanjut Yohanes menjelaskan, PB Kasih adalah klub bulu tangkis yang dibangun oleh ayahnya. Seperti Yohanes dan Sarah, Yere mulai mengenal bulu tangkis di klub ini, lalu masuk ke Sekolah Olahraga Ragunan pada 2015, kemudian direkrut oleh PB Exist. "(PB) Kasih ini (dibentuk oleh) Papa. Saya, Yere, dan Sarah, dari kecil dilatih Papa. Jadi akhirnya Papa bikin PB Kasih, ungkapnya.

"Sebenarnya Papa nggak maksain kita untuk di badminton. Kebetulan Papa memang suka badminton, terus anak-anaknya dibawa untuk ikut latihan. Untuk jadi pemain badminton pun, itukarena kemauan kita-kita sendiri," Sarah, menambahkan.

Yohanes, yang kini lebih banyak menghabiskan waktu untuk melatih pemain-pemain muda, menuturkan harapannya agar Sarah dapat menyusul Yere ke pelatnas PP PBSI. Layaknya Yere yang semula berhasrat menjadi pemain tunggal, Sarah pun berpeluang untuk mengawali karier profesional di sektor yang sama. "Sarah sudah bagus, tapi dia beberapa kali buat kesalahan-kesalahan yang nggak perlu. Itu saja yang perlu dikurangin," kata Yohanes, usai menyaksikan performa adik bungsunya itu kala bertanding di sektor tunggal putri di Kejurnas 2022.

"Sarah sih (menyusul Yere), pasti bisa," Yohanes, menegaskan.

"Saya juga mau nyusul Kak Yere ke pelatnas," kata Sarah, menimpali komentar kakaknya.