(Kejurnas PBSI) Adu Gengsi Para Bintang

Suasana persiapan Tiket.com Kejurnas PBSI 2018 di Britama Arena.
Suasana persiapan Tiket.com Kejurnas PBSI 2018 di Britama Arena.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Adu gengsi para bintang bulutangkis Indonesia akan tersaji di ajang Tiket.com Kejurnas PBSI 2018 yang akan berlangsung di Britama Arena, Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara, 18 hingga 22 Desember, nanti. Turnamen penutup tahun ini akan mempertandingkan dua kategori, yakni perorangan taruna (U-19) dan beregu dewasa.

Nama-nama beken top dunia seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Liliyana Natsir, Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto dan lainnya, bakal saling mengadu gengsi menjaga nama baik klubnya masing-masing di kategori divisi 1 dewasa.

“Saya berharap bisa membawa Jaya Raya juara Kejurnas kali ini. Target untuk saya sendiri, ingin menyumbang poin kalau dapat kepercayaan untuk main. Harus Optimis dan yakin dulu. Masalah menang atau kalah itu urusan belakangan,” kata peraih medali perak Asian Games 2018, Muhammad Rian Ardianto.

Sekedar Informasi, untuk kelompok dewasa, Kejurnas secara bergantian setiap tahunnya mempertandingkan nomor perorangan dan beregu. Tahun genap, seperti tahun ini, akan memainkan nomor beregu, sedangkan tahun ganjil untuk perorangan. Sedangkan kelas taruna (U-19) setiap tahunnya akan tetap mempertandingkan nomor perorangan.

Selain terbagi menjadi dua kelompok usia, Kejurnas juga terbagi menjadi dua divisi, yaitu divisi 1 dan divisi 2. Tiga ketentuan peserta yang masuk ke divisi 1 adalah mereka yang memiliki kontribusi besar dalam mengirim atlet ke Pelatnas PBSI dan atlet atau klub yang meraih gelar juara di divisi 2 pada Kejurnas tahun sebelumnya. Serta atlet tunggal dan ganda yang memiliki rangking 30 besar, dihitung dari satu bulan sebelum kejurnas.

Divisi 1 beregu campuran dewasa Tiket.com Kejurnas PBSI 2018 ini akan diikuti PB Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Mutiara Cardinal Bandung, SGS PLN Bandung, Exist Jakarta, Berkat Abadi Banjar Baru dan PB AD Bandung. Sedangkan di divisi 2 ada Banda Baru Batam, Menang Kalah Sehat Singaraja, Elang Yogyakarta, Jaya Raya Satria Sleman, Kamajaya Merangin, ICLI Gowata Sungguminasa, Tunas Jaya Kasturi Jambi, PBSI Pangkal pinang dan Sentra Banjarmasin. Sedangkan untuk kelompok taruna (U-19) divisi 1, dihuni pemain asal DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Achmad Budiharto mengatakan bila persiapan Tiket.com Kejurnas PBSI 2018 secara umum sudah mencapai 80 persen. “Secara umum persiapan sudah selesai, Tiket.com Kejurnas PBSI 2018 siap untuk dilaksanakan, besok. Kami berharap pertandingan berjalan dengan lancar dan sukses, klub-klub yang bertanding bisa bersaing untuk meraih gelar juara dan pecinta bulutangkis dapat menyaksikan pertandingan kelas dunia di Britama Arena nanti,” ujarnya.