Prestasi Terbaik Beregu hanya di Asia Tenggara

Tim putra Indonesia pada Asian Games Hangzhou 2022 (Humas PP PBSI)
Tim putra Indonesia pada Asian Games Hangzhou 2022 (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dari enam kejuaraan beregu yang diikuti tim senior dan junior Indonesia pada tahun ini, pencapaian terbaik skuad "Merah Putih" adalah medali emas beregu putra dan medali perak beregu putri pada SEA Games Kamboja 2023. Wakil "Merah Putih" tak memboyong satu pun medali dari Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023, Piala Sudirman 2023, dan Asian Games 2022 Hangzhou. Tim junior Indonesia menorehkan prestasi medali perak dari Badminton Asia Junior Championship 2023 dan BWF World Junior Mixed Team Championship 2023.

Pada pertengahan Februari lalu, langkah Indonesia di BAMTC 2023 dihentikan Korea Selatan di babak delapan besar. Seusai kemenangan Chico Aura Dwi Wardoyo pada partai pertama yang digelar di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab tersebut, tiga wakil Indonesia berikutnya bertumbangan.

Lantas di Piala Sudirman 2023, tim bulu tangkis Indonesia tersisih di perempat final. Pada partai ketiga antara Indonesia dan juara bertahan China di Suzhou Olympic Sports Centre, Suzhou, China, Jumat (19/5), tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung kalah 20-22 12-21 dari peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Chen Yu Fei.

Di SEA Games Kamboja 2023, pesta olahraga Asia Tenggara, tim beregu putra berhasil meraih medali emas. Ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yochce Yacob Rambitan memastikan Indonesia meraih keping emas beregu putra bulu tangkis SEA Games untuk ke-18 kalinya. Sementara, tim beregu putri Indonesia kembali harus puas dengan medali perak setelah kalah dari Thailand dengan skor 0-3 di final SEA Games 2023 Kamboja di Morodok Techo Badminton Hall, Phnom Penh.

Sepekan silam, tim beregu putra dan putri Indonesia harus menelan pil pahit di ajang Asian Games Hangzhou 2022. Keduanya sama-sama tersisih di perempat final. Berlaga di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Jumat (29/9), tim beregu putri dikalahkan tuan rumah China dengan skor 0-3. Lalu, disusul kekalahan 1-3 tim beregu putra dari Korea Selatan.

"Memang sangat disayangkan ya, kita tidak bisa melangkah ke babak selanjutnya. Terutama di beregu putra yang di atas kertas bisa melaju ke semifinal tapi kena tekanan yang tidak bisa diatasi," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Sabtu (30/9).

Sementara, tim junior bulu tangkis Indonesia berhasil meraih satu medali perak dari Badminton Asia Junior Championship 2023, yang digelar di Yogyakarta pada Juli lalu. Alwi Farhan dan kawan-kawan kalah dari Jepang dalam laga final beregu campuran tersebut.  

Kemudian, tim junior "Merah Putih" juga meraih medali perak pada BWF World Junior Mixed Team Championship 2023 yang berlangsung di Spokane, Washington, Amerika Serikat, Sabtu (30/9). Skuad muda Indonesia harus mengakui keunggulan China di final dengan skor akhir 1-3.