The Minions Masih Berjuang Keras Raih Gelar di Kejuaraan Level Satu

Ekspresi kekecewaan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
Ekspresi kekecewaan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Meski sudah mengantongi banyak gelar juara dalam beberapa tahun terakhir, namun ganda putra Indonesia nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tetap masih harus berjuang keras demi mendapatkan titel di kejuaraan level satu. Sebab, hingga saat ini The Minions tercatat baru meraih medali emas di ajang Asian Games 2018. Gelar-gelar bergengsi seperti Kejuaraan Dunia dan Olimpiade masih belum berhasil disandang Kevin/Marcus.

Belum berhasilnya The Minions dalam sejumlah turnamen penting cukup menjadi sorotan, terutama pada Olimpiade Tokyo 2020, lalu. Mantan pemain Denmark yang kini menjadi pengamat serta komentator bulutangkis, Morten Frost memberikan pandangannya soal ini.

“Mereka memenangkan semua turnamen kecuali turnamen besar. Seiring berjalannya waktu, pasangan lain bisa menemukan formula untuk mengalahkan mereka,” kata Morten Frost dalam tayangan BWF TV dilansir Bolalob.com.

“Saya rasa Kevin/Marcus harus menemukan kembali diri mereka agar bisa memenangkan pertandingan penting. Yang menarik adalah kalau Indonesia memutuskan untuk merombak pasangan ini dan ini bisa menjadi isu. Mari kita lihat apa yang akan terjadi,” sambungnya menambahkan.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, perjuangan The Minions harus terhenti di babak perempat final usai menelan kekalahan 14-21 dan 17-21 dari ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Duel tersebut menjadi pertemuan ketujuh bagi kedua pasangan. Pada enam pertemuan sebelumnya, Kevin/Marcus terbukti belum pernah kalah dari Aaron/Soh.

Lalu, keberuntungan juga belum memihak Kevin/Marcus dalam tiga Kejuaraan Dunia yang pernah mereka ikuti. Pada 2019 lalu di Basel, Swiss, The Minions kalah di babak kedua dari tangan wakil Korea, Choi Solgyu/Seo Seungjae dengan skor 21-16, 14-21 dan 21-23.

Sedangkan pada edisi 2018 di Nanjing, Tiongkok, Kevin/Marcus dipaksa menyerah 19-21 dan 18-21 dari pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di babak perempat final. Sementara di Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow, Skotlandia, mereka dihadang ganda putra Tiongkok, Chai Biao/Hong Wei pada babak perempat final dengan skor 21-11, 19-21 dan 20-22.