BAMTC 2023 - Skuad Ganda Optimalkan Latihan Perdana untuk Beradaptasi

Skuad Ganda Campuran Indonesia pada BAMTC 2023 (Humas PP PBSI)
Skuad Ganda Campuran Indonesia pada BAMTC 2023 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Dubai | Para pemain ganda Indonesia mengoptimalkan latihan perdana pada Minggu (12/2) pagi di Dubai Exhibition Centre, Dubai, tempat yang akan digunakan untuk menggelar Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023, 14-19 Februari. Meski hanya diberi jatah waktu latihan selama sejam, para pemain dapat beradaptasi dengan arena lapangan yang masih dalam tahap penyelesaian akhir jelang hari pembuka.

Di sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saling menjajal kekuatan bareng Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Pun, di ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berlatih melawan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.

"Latihannya oke. Badan saya juga terasa  segar. Latihan ini untuk mengembalikan kondisi. Meski sebentar, saya cukup untuk beradaptasi dengan tempat pertandingan," ungkap Yeremia.

Pada ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berlatih teknik permainan menghadapi rekannya, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Rehan berpendapat, meski hanya sebentar, latihan perdana ini tetap penting. Dirinya bisa berlatih lagi setelah kemarin beristirahat. Latihan ini juga berguna untuk mengembalikan feeling pukulan. "Lumayan, latihan pagi ini untuk mengenakan pukulan. Juga untuk mengembalikan kondisi setelah kemarin seharian kita istirahat," kata atlet asal klub PB Djarum ini.

"Rasanya senang bisa berlatih bareng lagi pagi ini," Rehan, menambahkan.

Arena di Dubai Exhibition Centre sendiri memang belum rampung 100 persen. Karpet di luar lapangan bulu tangkis juga belum dipasang. Di berbagai sudut masih ada pekerja yang menyelesaikan tugasnya. Hanya kursi bagi sekitar 3.000 penonton yang sudah terpasang.

Menurut kepala pelatih ganda putri pelatnas bulu tangkis Indonesia, Eng Hian, lapangan di main hall juga belum sempurna. Kondisinya kurang rata dan pada bagian tertentu terasa bergelombang. "Semoga saja dalam satu-dua hari sebelum pertandingan dimulai, kekurangan ini bisa diperbaiki," demikian Didi --sapaan akrab Eng Hian--.

Tim Indonesia, Minggu (12/2) pagi mendapat jatah, berlatih di Main Hall dan Practice Hall. Di arena pertandingan, Anthony Sinisuka Ginting dan kawnan-kawan mendapat kesempatan berlatih di dua lapangan. Sementara di arena pemanasan mendapat jatah tiga lapangan.