(Blibli Indonesia Open) Tunggal Putri Terus Berbenah

Gregoria Mariska Tunjung (tengah) saat mendapatkan arahan dari Rionny Mainaky dan Minarti Timur.
Gregoria Mariska Tunjung (tengah) saat mendapatkan arahan dari Rionny Mainaky dan Minarti Timur. (Foto: PBSI)
Indonesia Open ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Demi mematahkan sejumlah opini kurang baik terkait macetnya prestasi sektor tunggal putri Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, lantas menjadikan Gregoria Mariska Tunjung cs terus berupaya berbenah diri dan menggodok persiapan jelang kejuaraan Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000, yang akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, 16 hingga 21 Juli mendatang.

Berbagai macam ujian terus menerus menghujani sektor tunggal putri Indonesia yang saat ini diarsiteki pelatih Rionny Mainaky. Seperti salah satunya mengenai hasil undian di ajang Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000, nanti. Empat anak asuhan Rionny harus mendapatkan hasil undian yang berat atau kurang menguntungkan.

Melihat hal tersebut, sorotan tajam pun lantas tertuju kepada Gregoria cs yang dianggap memiliki ‘kutukan’ tumbang di babak awal. Ya, pada kejuaraan Australian Open 2019 BWF World Tour Super 300, Juni lalu, seluruh wakil tunggal putri Indonesia langsung kandas di babak pertama.

“Ya, pasti ada anggapan seperti itu (kandas di babak pertama) tapi saya bilang ke anak-anak, kita harus buktikan. Ini bukan seperti Australia. Kalau menurut saya hasil bagus, tapi kalau di babak pertama tetap saja hasilnya buruk. Walaupun sudah main sebaik mungkin,” kata Kepala Pelatih Tunggal Putri PBSI, Rionny Mainaky seperti dikutip dari detik.com.

Menanggapi hal tersebut, Rionny lantas mengatakan bila dirinya sudah menerapkan beberapa progam latihan demi meningkatkan potensi yang sudah ada dan memperbaiki titik-titk lemah dari Gregoria dkk. “Dari kemarin sih sudah ditambah di-passing, yang lebih banyak di tangan, kita juga fokus di stroke, dan fisiknya. Saya akan lihat pekan ini, kalau bisa saya tingkatkan jadi 100 persen. Walau sakit-sakit tapi minggu ini harus maksimal,” jelas Rionny.

“Kemudian minggu depan baru kita sedikit turun untuk fokus ke teknik. Teknik dan stroke karena kalau melihat lawan kuat di bagian itu. Ya, mudah-mudahan dengan persiapan yang kita lakukan hasilnya bagus,” tandasnya.

Sementara itu, di babak pertama Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000, Gregoria akan bentrok dengan wakil Thailand, Pornpawee Chocuwong. Namun, laga berat akan langsung dijumpai Fitriani, Ruselli Hartawan dan Lyanny Alessandra Mainaky.

Fitriani akan berhadapan dengan unggulan kedua asal Tiongkok, Chen Yu Fei. Sedangkan Ruselli akan bersua ratu bulutangkis Thailand, Ratchanok Intanon. Sementara Lyanny harus meladeni permainan tunggal putri terbaik miliki Amerika Serikat, Zhang Beiwen.