Asian Games 2022 - Indonesia Hadapi Korea Selatan di Perempat Final

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Hangzhou | Tim bulu tangkis beregu putra melakoni laga perdana di ajang Asian Games 2022, Jumat (29/9), melawan Korea Selatan. Pertandingan di babak delapan besar yang berlangsung di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China tersebut menjadi laga perdana bagi skuad putra "Merah Putih", setelah mendapatkan jatah bye di babak pertama. Sementara, Korea Selatan merebut tiket perempat final berkat kemenangan atas Malaysia dengan skor 3-1.

Korea Selatan meraih kemenangan pertama melalui tunggal putra Jeon Hyeok Ji, yang berhasil menghentikan Lee Zii Jia. Jeon menang rubber game 21-14, 14-21, 21-18 dalam tempo 68 menit.

Malaysia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik menang 21-17, 21-9 atas Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae.

Pemain tunggal Lee Yun Gyu menyumbang poin bagi Korea Selatan melalui kemenangan straight games 21-11, 21-16 dalam tempo 51 menit atas Ng Tze Yong. Kemudian, ganda putra Kim Won Ho/Na Sung Seung memastikan Korea Selatan melaju ke babak delapan besar, setelah mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Kim/Na menang dua gim langsung 21-16, 21-18.

Sementara, melalui siaran persnya pada Kamis (28/9) petang WIB, Kepala Bidang dan Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyatakan, semua pemain dalam keadaan fit dan siap untuk diturunkan. "Semua pemain kondisi bagus, fit dan siap untuk diturunkan. Laga pertama ini akan seperti laga final jadi kami akan menurunkan kekuatan terbaik," ungkapnya.

"Kami optimis karena semua sudah oke secara persiapan dan latihan. Tinggal nanti berjuang habis-habisan di lapangan," lanjut Rionny.

Asian Games 2022 Hangzhou bergulir pada 23 September hingga 8 October 2023 di Hangzhou, China. Sementara, cabang olahraga bulu tangkis yang digelar di Binjiang Gymnasium, berlangsung pada 28 September-1 Oktober 2023 dengan mempertandingkan nomor beregu, kemudian berlanjut dengan nomor perorangan pada 2-7 Oktober.

Beregu putri dijadwalkan bertanding lebih dahulu pada Jumat (29/9) mulai pukul 08.00 WIB, dilanjutkan beregu putra pukul 16.00 WIB. Semua pertandingan berlangsung di Bingjiang Gymnasium.