Asian Games 2022 - Rinov/Pitha Melaju ke 16 Besar

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menang atas wakil Korea Selatan, Kim Won Ho/Jeong Na Eun, pada babak pertama cabang olahraga bulu tangkis nomor perorangan Asian Games Hangzhou 2022, Senin (2/10). Bertanding di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Rinov/Pitha menang rubber game 21-15, 16-21, 21-19.

Pada gim pertama, Rinov/Pitha tampil tenang dan cukup dominan. Namun, interval gim pertama menjadi milik pasangan Korea Selatan dan tertinggal tiga poin saja. Selepas itu, Rinov/Pitha kembali berusaha mengejar hingga akhirnya menyamakan kedudukan 12-12, lalu keadaan berbalik dengan pasangan Indonesia memimpin 15-12.

Menurut laporan Antara, tren itu pun dipertahankan Rinov/Pitha dengan memperkuat pertahanan dan melancarkan serangan-serangan yang cukup efektif, sampai akhirnya Kim/Jeong hanya bisa mengumpulkan 15 poin, dan gim pertama menjadi milik pasangan Indonesia.

Pada gim kedua, Kim/Jeong mencoba untuk tampil lebih agresif meskipun Rinov/Pitha berusaha mempertahankan performa baik mereka di gim pertama. Interval kedua kembali dimiliki oleh pasangan Korea Selatan dengan skor 7-11.

Rinov/Pitha terlihat cukup tertekan dengan serangan-serangan tepat namun sabar dari Kim/Jeong yang mempimpin 11-15. Upaya Rinov/Pitha untuk merebut gim kedua pun kandas setelah Kim/Jeong memenangkan gim tersebut 16-21.

Gim penentu berlangsung alot, menyusul kedua pasangan ingin mengamankan tiket menuju babak 16 besar Asian Games edisi ke-19 ini. Keduanya hanya terpaut tipis di awal gim ketiga, sebelum akhirnya interval kembali dimiliki oleh Kim/Jeong dengan skor 9-11.

Rinov/Pitha pun berusaha untuk tetap tenang dan fokus mengejar ketertinggalan mereka, hingga akhirnya mampu kembali menyamakan kedudukan 13-13 dengan serangan-serangan yang tepat sasaran dan membuat Kim/Jeong terlihat cukup kewalahan.

Beberapa kali skor kembar terjadi di momen-momen kritis ini. Namun, Rinov/Pitha selalu diungguli Kim/Jeong setelahnya. Sampai pada akhirnya Rinov/Pitha memimpin di poin 17-16, dan tak lama, unggul lagi 19-18 dan mengamankan match point, lalu menang 21-19.