BATC 2022 - Tim Putri Indonesia Juara Grup

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Tim putri Indonesia secara mengejutkan menjadi juara grup, setelah mengalahkan Korea Selatan pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup Z Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022, Kamis (17/2) malam. Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan menang 3-2 atas wakil tim "Negeri Ginseng" tersebut dalam laga yang berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia.

Pada dua pertandingan sebelumnya, Indonesia menang 4-1 atas Hong Kong dan sukses meraih hasil sempurna 5-0 atas Kazakhstan. Kepastian Indonesia sebagai juara grup ditentukan Stephanie Widjaja yang tampil di partai kelima setelah mengatasi Kim Joo Eun, 21-11, 21-13.

Gregoria, yang membawa Indonesia memimpin 1-0 setelah mengalahkan Sim Yu Jin, menyuguhkan permainan yang apik, terutama pada gim pembuka. Kapten tim putri Indonesia itu menang dua gim langsung 21-6 21-18. "Puji Tuhan, saya bisa main baik dan menyumbangkan poin," tanggap atlet yang akrab disapa Jorji ini, lewat siaran pers Humas PP PBSI.

"Tadi di gim pertama, permainan saya memang sudah seperti direncanakan, sementara lawan banyak melakukan kesalahan sendiri," Gregoria, menambahkan.

Dalam keterangan persnya, induk organisasi olahraga bulu tangkis tersebut menyebutkan, penampilan Gregoria pada gim pembuka memang mengilap. Lawan tak mampu berbuat banyak. Variasi serangan dan tidak banyak melakulan kesalahan, mengantarkan Gregoria menang mudah dengan skor 21-6.

Namun, pada gim kedua, Gregoria seperti kehilangan fokus. Ia seolah mengikuti pola permainan lambat dari lawan. Adaptasi dengan lapangan juga tampak terganggu. Setelah unggul 12-6, Gregoria justru dapat terkejar. "Pada gim kedua, saya terbawa dan mengikuti pola permainan lambat lawan. Selain itu, saat unggul 12-6, saya juga kerap melakukan kesalahan sendiri dan kurang tenang," ungkap juara Kejuaraan Dunia Junior 2017 itu.

"Padahal, saya sudah leading banyak dan permainan saya pun jadi tegang dan terkejar," tambahnya.

Gregoria mampu kembali fokus dan menutup gim kedua dengan kemenangan 21-18. "Setelah itu, saya bisa kembali fokus ke pola permainan sendiri. Tekanannya ditambah dan lebih cepat, hingga saya bisa memenangi gim kedua," tambah Gregoria.

Pada ganda putri pertama, pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga sudah berjuang dan menampilkan seluruh kemampuan terbaik. Namun, perjuangannya tidak menghasilkan kemenangan setelah kalah dengan skor 20-22 19-21.

Posisi Indonesia jadi tertinggal 1-2 setelah Putri Kusuma Wardani yang turun di partai ketiga, dikalahkan Lee Se Yeon 16-21 19-21.

Namun, "pasangan dadakan" Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari berhasil menyamakan kedudukan 2-2 setelah menang 21-16 22-20 atas Kim Min Ji/Lee Seo Jin.

Kepastian Indonesia sebagai juara grup ditentukan Stephanie Widjaja, yang tampil pada partai kelima. Stephanie sukes mengatasi Kim Joo Eun 21-11 21-13.

Berikut pertandingan tim putri Indonesia melawan Korea Selatan (3-2):

  • Gregoria Mariska Tunjung vs. Sim Yu Jin, 21-6, 21-18
  • Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs. Baek Ha Na/Seong Seung Yeon 20-22, 19-21
  • Putri Kusuma Wardani vs. Lee Se Yeon, 16-21, 19-21
  • Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari vs. Kim Min Ji/Lee Seo Jin, 21-16, 22-20
  • Stephanie Widjaja vs. Kim Joo Eun, 21-11, 21-13