BWF WTF 2023 - Ketika Fajar dan Rian "Bertukar" Baju Adat

Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Hangzhou | Ada pemandangan unik saat acara Gala Dinner yang digelar oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Senin (11/12) malam di Hangzhou, China. Menjadi unik ketika Fajar Alfian yang berasal dari Jawa Barat memilih untuk mengenakan pakaian tradisional dengan adat Jawa. Sementara, Rian yang lahir di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memilih adat Sunda. Keduanya mengklaim, "pertukaran" pakaian tradisional ini tidak direncanakan.

"Kami ingin mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia, itu menjadi alasan kami mengenakan pakaian tradisional ini," ucap Fajar melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Kami hanya janjian menggunakan beskap, tidak direncanakan untuk seperti gantian budaya. Hanya kebetulan saja jadinya seperti ini," Rian, menjelaskan.

Berbarengan dengan acara Gala Dinner yang digelar, dilangsungkan juga undian grup BWF World Tour Finals (WTF) 2023. Delapan terbaik di setiap sektor dibagi menjadi dua grup. Peringkat satu dan dua di akhir klasemen akan melaju ke semifinal.

Di sektor ganda putra, Indonesia yang meloloskan dua wakil yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri harus tergabung bersama di Grup B. Selain Fajar/Rian dan Bagas/Fikri, di grup ini juga dihuni Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan) dan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark).

Sementara di Grup A dihuni duo pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang dan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik serta Takuro Hoki/Yugo Kobayashi asal Jepang.

BWF WTF 2023 bergulir pada 13-17 Desember di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China.