Denmark Open 2023 - Peluang Pembuktian Ana/Tiwi

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Humas PP PBSI)
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Odense | Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Ana/Tiwi) menjadi satu-satunya ganda putri Indonesia pada Denmark Open 2023, setelah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti absen. Ana/Tiwi termotivasi untuk memberikan hasil yang maksimal di turnamen bulu tangkis yang berlangsung pada 17-22 Oktober di Jyske Arena, Odense, Denmark.

"Persiapan kami cukup bagus, memaksimalkan waktu yang ada walau tidak banyak. Tidak ada beban kami tampil sendiri di ganda putri. Kami malah termotivasi untuk memberikan hasil yang maksimal, kami mau buktikan kami bisa," kata Tiwi, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Senin (16/10) malam WIB.

Tim bulu tangkis Indonesia akhirnya menjajal Jyske Arena, tempat berlangsungnya Denmark Open 2023 pada Senin (16/10) siang waktu setempat. Dalam durasi waktu 90 menit, 16 wakil "Merah Putih" bergantian mencoba lapangan satu hingga lapangan tiga. Tidak ada kendala berarti yang dirasakan para pemain, adaptasi berjalan lancar sehingga mereka siap menampilkan permainan yang optimal.

Ana juga tidak merasa kesulitan beradaptasi dengan lapangan. "Sejauh ini kami tidak merasakan kendala di lapangan. Tapi kami harus tetap waspada karena bisa saja besok saat pertandingan ada perubahan," tutur pemain asal klub PB Jaya Raya ini.

Apri/Fadia dipastikan absen dari turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750 tersebut. Apri masih menjalani proses pemulihan pascacedera betis kanan yang ia alami saat Asian Games Hangzhou 2022. Sementara, kehadiran Fadia di Odense adalah untuk memenuhi kewajiban BWF sebagai Top Committed Players.

Menurut pelatih ganda putri pelatnas bulu tangkis Indonesia, Eng Hian, sang perkembangan pemulihan cedera Apri sudah mencapai 90 persen. "Perkembangan pemulihan cedera Apri sudah sangat baik. Rasa sakitnya sudah 90-95 persen hilang," tutur pria yang akrab disapa Didi ini.

"Hanya, memang untuk meyakinkan sudah pulih benar, saya memutuskan menarik mundur Apri/Fadia dari Denmark Open. Selain untuk meyakinkan kembali Apri bahwa dia sudah siap bertanding," demikian Didi.