French Open 2021 - Pembuktian "The Daddies" dan "Minions"

Kevin Sanjaya Sukamuljo & Marcus Fernaldi Gideon (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Kevin Sanjaya Sukamuljo & Marcus Fernaldi Gideon (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Sebanyak delapan wakil Indonesia tersisa yang akan kembali melanjutkan perjuangan di babak 16 besar French Open 2021 di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Kamis (28/10). Babak ini menjadi pembuktian bagi duo ganda putra Indonesia yang mendapat anggapan tampil belum memuaskan di beberapa kejuaraan dan turnamen sebelumnya.

"The Daddies" --julukan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan-- tampil di French Open 2021 dalam kondisi fisik yang tidak seratus persen prima. Namun, unggulan kedua itu mampu melewati hadangan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi asal Jepang di babak pertama. "The Daddies" menang 21-19, 23-21, Rabu (27/10) malam WIB.

"Bersyukur bisa menang hari ini. Untuk penampilan, memang kita rasa juga belum bisa seratus persen ya," tutur Hendra, yang bersama Ahsan bakal menghadapi Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan) pada babak kedua yang digelar Kamis (28/10).

Dalam keteran pers PP PBSI, kemenangan Hendra/Ahsan memantik semangat mereka untuk tampil lebih baik di babak kedua atau babak 16 besar. "Semoga besok (Kamis, 28/10)) kita juga berkembang lagi, bisa lebih baik lagi dan kembali ke penampilan terbaik kita. Kondisi ya baik-baik berdua. Jadi ya sekarang lebih fokus ke babak kedua saja," lanjutnya.

Hendra juga mengaku jika lawan yang akan dihadapinya di babak 16 besar cukup berat. Lu/Yang sebelumnya berhasil mengalahkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, 24-22, 21-17. "Tidak mudah ya lawannya, tadi sudah ngalahin Leo/Daniel. Target ya, semifinal dulu lah ya," ungkap Hendra, yang bersama Ahsan tetap fokus memulihkan kondisi fisik demi memenuhi target awal menembus babak semifinal.

"Ya tetap berat ya. Sekarang kita tidak bisa melihat lawan dulu. Kita harus mikirin fokus kita dulu, mikirin kondisi kita juga supaya kita bisa tahu bagaimana caranya kita bisa tampil lebih baik lagi," jelas Hendra.

Pembuktian juga diusung Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo setelah tampil kurang baik di Denmark Open 2021. Pasangan yang dijuluki "Minions" itu disingkirkan duo juniornya sendiri, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, pada babak 16 besar Denmark Open 2021, Kamis (21/10).

Kali ini, "Minions" berhasil melaju ke babak 16 besar French Open 2021 setelah lawan, Joel Ripe/Rasmus Kjær, memutuskan mundur. Di babak 16 besar, "Minions" menghadapi Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman) yang sukses menyingkirkan Tan Kian Meng/Tan Wee Kiong (Malaysia), 21-18, 21-15.

Selain "The Daddies" dan "Minions", Indonesia juga menyisahkan satu wakil, masing-masing di sektor tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, dan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Tiga wakil lainnya, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan duo ganda putri Nita Violina Marwah/Putri Syaikah serta Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.