India Open 2024 - Harapan Tertumpu pada Ginting dan Fajar/Rian

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia hanya berpeluang meraih gelar juara India Open 2024 melalui tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, setelah tujuh wakil "Merah Putih" lainnya tersisih di babak-babak awal. Inilah perempat final kedua bagi Fajar/Rian dalam dua pekan terakhir.

Anthony menjadi wakil Indonesia pertama yang meraih tiket perempat final, seusai menghentikan perlawanan Kenta Nishimoto asal Jepang pada babak 16 besar turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750 itu. Unggulan keempat itu menang straight games 21-8, 21-17 atas Nishimoto, dalam pertandingan di K. D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India, Kamis (18/1).

Pada pertandingan tersebut, Anthony mampu menyerap luapan para suporter Indonesia di K. D. Jadhav Indoor Hall. Ia mampu memanfaatkan keuntungan tersebut. "Cukup senang dengan antusiasme penonton yang mendukung saya hari ini. Semoga dengan pertandingan tadi bisa menghibur mereka," katanya.

Berkat kemenangan tersebut, Anthony bertemu wakil Hong Kong, Lee Cheuk Yiu pada Jumat (19/1). Dalam catatan head-to-head, kedua pemain telah mengantongi masing-masing dua kemenangan dalam empat pertemuan.

Sementara, tiket perempat final bagi Indonesia diraih Fajar/Rian seusai mengalahkan pasangan Denmark, Rasmus Kjær/Frederik Søgaard. Mereka menang rubber game 21-15, 13-21, 21-17 dalam tempo 57 menit.

Walau berhasil merebut kemenangan dari ganda putra berperingkat 22 dunia itu, Fajar mengaku kurang leluasa bermain sepanjang pertandingan. "Jujur, saya pribadi bermain kurang baik. Sudah mencoba, tapi touch pukulannya ada yang kurang enak," tutur pemain asal klub SGS-PLN Bandung ini.

Pascakemenangan perdana atas Kjær/Søgaard, unggulan keenam Fajar/Rian akan menantang unggulan ketiga Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae asal Korea Selatan. Dalam tujuh pertemuan sebelumnya, Kang/Seo telah mengantongi empat kemenangan.