Indonesia International Challenge 2023 - Saut Menang Dramatis

Yohanes Saut Marcellyno (Humas PP PBSI)
Yohanes Saut Marcellyno (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Medan | Tunggal putra Indonesia Yohanes Saut Marcellyno melaju ke babak kedua Indonesia International Challenge 2023. Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Selasa (29/8), Saut menang dramatis melawan tunggal putra Malaysia, Chia Jeng Hon, dengan skor 13-21, 21-13, 22-20. Juara Finnish Junior 2021 itu mengaku kecolongan di gim pembuka.

Namun, di gim kedua, runner-up Denmark Junior 2021 itu mampu memaksakan rubber game hingga akhirnya mengunci kemenangan dalam tempo 1 jam 5 menit.

"Pada gim pertama saya kecolongan sehingga harus tertinggal. Saya mencoba untuk tidak kenal menyerah dengan bermain ngotot di gim kedua untuk memaksa rubber game." kata Saut melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Pada gim penentuan saya juga sempat kehilangan fokus sampai penghujung pertandingan. Beruntung saya bisa tetap tenang untuk akhirnya meraih kemenangan dan melaju ke babak 32 besar," tambah atlet kelahiran 2 Mei 2003 itu.

Langkap apik Saut juga diikuti Muhammad Reza Al Fajri yang melangkah ke babak 32 besar seusai mengatasi perlawanan tunggal putra Malaysia, Shao Herng Hooi, lewat straight games 21-13, 21-14.

Selain itu, tunggal putra Indonesia lainnya, Alwi Farhan, menang atas wakil Malaysia, Lim Chong King, dengan skor 21-15, 21-16. Alwi mengaku masih sering kehilangan fokus saat unggul. Namun, runner-up Osaka International Challenge 2023 itu bisa tetap konsisten menyerang untuk akhirnya meraih kemenangan dalam tempo 39 menit.