Japan Open 2023 - Fajar/Rian Lolos ke Perempat Final

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke babak delapan besar Japan Open 2023, setelah memenangi laga di babak 16 besar tanpa bertanding. Mereka menang walkover atau WO atas Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dari Denmark. Sejatinya, ganda putra nomor satu dunia itu bertanding di Lapangan 4 di Yoyogi 1st Gymnasium, Tokyo, Jepang, Kamis (27/7). Astrup dikabarkan harus kembali ke negara asalnya karena alasan keluarga.

"Kami bersyukur bisa maju ke babak perempat final tanpa bertanding, tapi di sisi lain kami bersimpati untuk Kim yang harus pulang ke Denmark karena alasan keluarga. Doa kami yang terbaik untuknya," kata Fajar melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Hari ini kami langsung latihan untuk mempersiapkan laga besok. Kami bisa memanfaatkan waktu untuk mengembalikan kondisi lagi," Fajar, menambahkan.

Pada Kamis (27/7) pagi WIB, PP PBSI melalui jejaring sosial Twitter mengumumkan, "Fajar/Rian melenggang ke babak perempat final Japan Open 2023 tanpa bertanding, setelah lawannya memutuskan mundur. Belum ada informasi resmi mengenai alasan mundurnya Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) #JapanOpen2023."

Begitu pun informasi yang dimuat dalam Tournament Software, laman yang menyajikan hasil pertandingan, Astrup/Rasmussen dinyatakan kalah tanpa bertanding atau walkover.

Di babak pertama turnamen level BWF World Tour Super 750 ini, Fajar/Rian menang atas lawan tangguh asal China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, Rabu (26/7) pagi waktu setempat. Juara All England 2023 itu menang rubber game 20-22, 21-17, 21-10.

Sementara, Astrup/Rasmussen juga harus melalui drama tiga gim untuk merebut tiket ke babak 16 besar. Mereka menang atas wakil Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han, dengan skor 19-21, 21-9, 21-17 dalam tempo 58 menit.

Sebelum bertolak ke Jepang, Fajar/Rian mencatatkan prestasi runner-up Korea Open 2023. Dalam partai puncak tersebut, pasangan dari India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, menang tiga gim 17-21, 21-13, 21-14 atas Fajar/Rian di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea Selatan.