Kebijakan Baru BWF Menghapus Nama Pemain Pensiun Dari Ranking BWF

Goh V Shem/Tan Wee Kiong
Goh V Shem/Tan Wee Kiong Kini Menempati Peringkat Nomor Satu Dunia Ganda Putra (AFP)
Internasional ‐ Created by ZAN

Banyaknya pemain bulutangkis yang memutuskan pensiun setelah Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil membuat BWF (Federasi Bulutangkis Dunia) membuat beberapa kebijakan baru. Salah satunya, menghapus nama pemain pensiun dari daftar ranking BWF.

 

Setelah BWF menerima surat pengunduran diri dari asosiasi bulutangkis di setiap negara pemain, BWF kemudian menghapus nama mereka dalam masuknya pemain bulutangkis di BWF.

Sebelumnya, beberapa pemain tunggal bulutangkis dunia telah dihapus dari peringkat BWF. Beberapa dari mereka yakni termasuk Wang Yihan, Wang Shixian, Wang Zhengming, dan beberapa nama lain.

Saat ini, nama-nama tersebut sudah tidak lagi tercantum di dalam peringkat BWF atau BWF entri pemain bulutangkis. Kini, giliran Lee Yong Dae/Yoo Yeo Seong, Kim Gi Jung/Kim Sa Rang, Zhang Nan/Zhao Yunlei, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol, Yu Yang/Tang Yuanting, dan Tian Qing/Zhao Yunlei yang namanya dicoret dari daftar ranking BWF.

Meskipun pemain yang pensiun itu masih memiliki peringkat di BWF ranking dan posisinya berada di urutan 10 besar, BWF tetap mencoret nama-nama tersebut. Alasan kuatnya, BWF telah menerima surat pengunduran diri dari negara masing-masing.

Seperti diketahui, Lee Yong Dae memutuskan untuk pensiun belum lama ini. Sementara pasangannya, Yoo Yeon Seong dipasangkan dengan pemain lain yang membuat peringkat nomor satu dunia ganda putra itu jatuh ke tangan Goh V Shem/Tan Wee Kiong yang sebelumnya berada di peringkat kedua.

Ini jadi kali pertama buat Goh V Shem/Tan Wee Kiong menempati peringkat satu dunia. Alhasil, banyak pemain bulutangkis mengalami kenaikan peringkat dunia BWF setelah adanya kebijakan baru penghapusan beberapa nama pemain pensiun dari daftar pebulutangkis dunia.