Korea Masters 2023 - Ester: Lawan Lebih Kuat

Ester Nurumi Tri Wardoyo (Humas PP PBSI)
Ester Nurumi Tri Wardoyo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pebulu tangkis putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, gagal melaju ke final Korea Masters 2023 seusai mengalami kekalahan dari Tomoka Miyazaki di babak empat besar, Sabtu (11/11). Bertanding di Gwangju Women’s University Stadium, Gwangju, Korea Selatan, Ester kalah tiga gim 14-21, 21-15, 12-21 dari pemain asal Jepang yang mengawali turnamen dari babak kualifikasi.

"Saya sudah mencoba bermain maksimal, tapi memang lawan hari ini lebih kuat di lapangan. Saya tidak berhasil membendung dan meladeni reli-reli dia," kata Ester kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Meski kalah, Ester mengaku dapat mengawali gim pembuka dengan baik. Namun, ketika Miyazaki mampu mengejar ketertinggalan, Ester justru kehilangan fokus. "Seperti blank, bingung mau main seperti apa," tuturnya.

"Gim kedua permainan saya membaik dan bisa mengambil keunggulan. Sayang di gim ketiga, setelah interval ketahanan saya menurun dan paha saya sudah sangat ketarik. Itu yang menyulitkan saya sehingga dia leluasa memainkan pola yang dia mau," Ester, menjelaskan.

Walau gagal ke final, Ester menyatakan rasa syukur dapat menembus semifinal turnamen BWF World Tour level Super 300 untuk kali pertama. Menurutnya, banyak pengalaman dan pelajaran yang dapat dipetik dari hasil ini. "Sedikit banyak, sudah tahu peta dan kekuatan persaingannya seperti apa," ujarnya.

"Ke depan saya harus menambah kekuatan kaki, fisik, dan tenaganya. Selain itu, harus lebih matang lagi cara bermainnya," demikian Ester.