Kumamoto Masters Japan 2023 - Kevin/Rahmat Berjuang dari Babak Kualifikasi

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat (Humas PP PBSI)
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat akan mengawali turnamen bulu tangkis Kumamoto Masters Japan 2023 melalui babak kualifikasi. Berdasarkan informasi pada laman Tournament Software, Minggu (12/11) malam WIB, pasangan anyar "Merah Putih" itu akan bertanding melawan wakil tuan rumah, Shuntaro Mezaki/Haruya Nishida.

Mezaki/Nishida, ganda putra berperingkat 55 dunia, sepekan lalu pada Korea Masters 2023, gagal melampaui babak 32 besar setelah kalah dua gim langsung 17-21, 11-21 dari pasangan tuan rumah, Kim Young Hyuk/Wang Chan.

Sementara, Kevin/Rahmat menang atas pasangan tuan rumah Jin Yong/Ki Dong Ju pada babak pertama Korea Masters 2023. Namun, pada pertandingan debut mereka, Ki mengalami cedera di gim kedua dan akhirnya memutuskan mundur setelah bertarung selama 33 menit. Kevin/Rahmat menang 21-18, 17-11.

Pada babak berikutnya, kalah dari pasangan Taiwan, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan, dengan skor 21-14, 21-23, 16-21. Kekalahan itu dialami Kevin/Rahmat setelah meraih match point 20-18 pada gim kedua. Lee/Yang membuka peluang dengan memaksakan rubber game setelah kehilangan gim pertama, lalu berhasil merebut tiket ke babak delapan besar.

Rahmat memetik pelajaran penting dari laganya yang kedua bersama Kevin. "Saya harus lebih berani dan terus menekan di bola belakangnya, tidak terlalu banyak placing. Ke depan juga saya harus menambah power saya," tutur pemuda kelahiran Batam ini kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Kevin pun berujar, "Masih banyak yang harus kami tingkatkan kalau mau setidaknya bersaing di top 10. Kami akan coba lagi di turnamen berikutnya."

Selain Kevin/Rahmat, skuad ganda putra Indonesia juga diperkuat Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Sementara, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi satu-satunya andalan Indonesia pada sektor ganda putri

Pada ganda campuran diwakili Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Sektor tunggal putra diperkuat tiga pemain, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Gregoria Mariska Tunjung menjadi andalan pada sektor tunggal putri.

Kumamoto Masters Japan 2023, turnamen bulu tangkis BWF World Tour Super 500, digelar di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Kumamoto, Jepang, 14-19 November. Turnamen ini menyediakan hadiah total 420 ribu dolar AS.