Singapore Open 2023 - Motivasi untuk Tunggal Putra Lainnya

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Anthony Sinisuka Ginting berhasil keluar sebagai juara Singapore Open 2023, sekaligus mempertahankan gelar juara turnamen level BWF World Tour Super 750 itu. Tunggal putra Indonesia itu menangn dua gim langsung 21-16, 21-13 atas wakil Denmark Anders Antonsen. Titel kampiun ini dinilai memberikan dampak positif bagi skuad tunggal putra "Merah Putih".

 

"Kemenangan Ginting di Singapore Open ini juga bisa lebih menambah motivasi rekan-rekannya. Keberhasilan ini bakal memberi hawa positif bagi sektor tunggal putra," kata asisten pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia Harry Hartono, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Minggu (11/6) malam WIB.

Sisi positif dari gelar juara ini, menurut Harry, adalah Anthony pasti akan lebih percaya diri. "Yang saya apresiasi selama di Singapura, dia bisa mengeluarkan seluruh kemampuan yang dimiliki. Hawa positif untuk menghadapi event berikutnya pasti juga tambah besar," jelasnya.

"Ginting berhasil jadi juara karena dia bisa memaksimalkan strategi yang sebelumnya sudah didiskusikan. Untuk bisa menang, dia memang harus lebih agresif dan menguasai permainan depan. Semua strateginya berjalan dengan lancar, meskipun di awal gim dia sempat kehilangan angka karena dia lambat start dan lawan lebih dulu mengambil inisiatif permainan di depan," Harry, menambahkan.

Di gim kedua, lanjut Harry, Anthony semakin bisa menguasai permainan depan, sehingga terasa lebih mudah untuk mendapatkan poin. Harry kerap mewanti-wanti Anthony agar langsung menguasai pola permainan depan.

Namun, Anthony pun tak luput dari sejumlah kekurangan yang akan menjadi bahan evaluasi, sebelum berlaga pada Indonesia Open 2023 pada pekan ini. "Dia kerap telat start awal. Sering kehilangan poin di awal. Dia harus lebih siap dari awal. Ginting juga harus lebih siap mengantisipasi perubahan pola permainan lawan," demikian Harry.