Bilqis: Jangan Mau Kalah

Skuad putri Indonesia pada BATC 2022 (Humas PP PBSI)
Skuad putri Indonesia pada BATC 2022 (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ekspresi datar yang kerap ditunjukkan Bilqis Prasista saat bertanding, tak berbanding lurus dengan moto tak mau kalah sebelum poin terakhir. Pedoman tersebut dianut pebulu tangkis putri Indonesia ini, saban kali memasuki arena pertandingan. Bermain lepas, menurutnya, juga menjadi kunci dalam kemenangan atlet asal klub PB Djarum ini saat bertemu lawan-lawan berperingkat atas.

Hal tersebut diungkapkan Bilqis, putri mantan pebulu tangkis nasional Joko Supriyanto ini, dalam jumpa pers rencana penyiaran langsung Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022, Senin (30/5), di Jakarta. "Nggak mikirin apa-apa, sih. Yang penting jangan mau kalah," tanggapnya.

Kemenangan Bilqis atas pemain Jepang, Akane Yamaguchi, pada penyisihan Grup A Piala Uber 2022, menuai ragam komentar di Tanah Air. Kala itu, Bilqis berperingkat 333 dunia, sementara Yamaguchi yang dikalahkannya dengan skor identik 21-19, 21-19, menempati posisi teratas dunia.

Usai kejuaraan beregu yang digelar di Bangkok, Thailand, tersebut, Bilqis naik posisi dan kini berada di peringkat 306 dunia. Saudara kembar Bilqis Pratista ini masih perlu mendulang banyak poin agar bisa berlaga di turnamen-turnamen bergengsi dunia. "Belum masuk, sih, di situ," jawab Bilqis, ketika pemandu acara jumpa pers menanyakan peluang Bilqis di dua turnamen besar yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada bulan ini.

"Bisa juara di pertandingan-pertandingan kecil-kecil dulu, biar ranking-nya naik," Bilqis, menuturkan.

Selain Bilqis, pemain tunggal putri Putri Kusuma Wardani yang turut hadir di acara jumpa pers tersebut, mematok target dapat mencapai peringkat 32 besar dunia. Pemain berperingkat 52 dunia itu ingin segera bersaing dengan pemain-pemain top dunia.

Usai menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Putri 2022 bersama Bilqis dan kawan-kawan, Putri kemudian terbang ke Prancis dan berhasil keluar sebagai juara Orléans Masters 2022. Atlet PB Exist ini juga meraih dua medali perunggu pada debutnya di SEA Games yang pada tahun ini digelar di Vietnam. Putri pun masih harus menambah jam terbang dengan mengikuti berbagai kejuaraan maupun turnamen.

"Saya akan mengikuti banyak pertandingan, berusaha mendapat hasil yang terbaik supaya poinnya naik," demikian Putri.