Fokus Beralih ke Asian Games 2022

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Asian Games 2022 Hangzhou bergulir pada 23 September hingga 8 October 2023 di Hangzhou, China. Sementara, cabang olahraga bulu tangkis yang digelar di Binjiang Gymnasium, berlangsung pada 28 September-1 Oktober 2023 dengan mempertandingkan nomor beregu, kemudian berlanjut dengan nomor perorangan pada 2-7 Oktober. Tim bulu tangkis Indonesia akan diperkuat 10 pemain putra dan 10 pemain putri.

Sejumlah pemain "Merah Putih" pun telah menyatakan persiapan mereka menjelang pesta olahraga Asia tersebut. Seperti, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, yang langsung mengalihkan fokusnya selepas berlaga pada Hong Kong Open 2023 pada pekan lalu. "Persiapan ke Asian Games kurang lebih satu minggu, tidak banyak (waktu persiapan) tapi saya mau coba maksimalkan," tuturnya kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Sudah beberapa kali ikut ajang multi-event jadi sudah ada gambaran tentang atmosfer, situasi, dan kondisinya seperti apa," Anthony, menambahkan.

Hal hampir serupa juga dilontarkan oleh atlet spesialis ganda Leo Rolly Carnando. Pekan lalu di Kowloon, Hong Kong, ia bersama pasangannya Daniel Marthin meraih podium runner-up Hong Kong Open 2023. Mereka menyatakan akan melakukan evaluasi pascakekalahan di partai puncak turnamen level Super 500 tersebut. "Kami harus berbenah diri apa yang kurang, apa yang masih salah di lapangan harus segera diperbaiki. Ada Asian Games sebentar lagi, semoga kami bisa lebih baik lagi," kata Leo.

Begitu pun dengan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, yang menyatakan ingin langsung memusatkan fokus mereka pada Asian Games 2022. Pasangan berperingkat delapan dunia itu menguasai podium teratas Hong Kong Open 2023, seusai mengalahkan wakil Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Mereka menyabet gelar juara ketiga dalam ajang BWF World Tour itu setelah meraih kemenangan rubber game 14-21, 24-22, 21-9 dalam tempo 73 menit.

"Kami mau langsung fokus ke persiapan Asian Games setelah ini. Tidak banyak waktu tapi gelar ini membawa tambahan kepercayaan diri buat kami," jelas Apri.

Berikut daftar pemain Indonesia yang akan berlaga pada Asian Games 2022, berdasarkan informasi pada Tournament Software, laman yang menyediakan jadwal dan hasil pertandingan:

Putra
Fajar Alfian
Muhammad Rian Ardianto
Leo Rolly Carnando
Jonatan Christie
Chico Aura Dwi Wardoyo
Anthony Sinisuka Ginting
Rehan Naufal Kusharjanto
Daniel Marthin
Shesar Hiren Rhustavito
Rinov Rivaldy

Putri
Komang Ayu Cahya Dewi
Febriana Dwipuji Kusuma
Lisa Ayu Kusumawati
Pitha Haningtyas Mentari
Amalia Cahaya Pratiwi
Apriyani Rahayu
Siti Fadia Silva Ramadhanti
Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani
Ester Nurumi Tri Wardoyo