Penyesuaian Latihan di Bulan Ramadan

Suasana latihan di pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta (Humas PP PBSI)
Suasana latihan di pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Di saat bulan puasa Ramadan, pelatnas PP PBSI melakukan penyesuaian jadwal dan menu latihan. Pada Senin hingga Jumat, Shesar Hiren Rhustavito dan kawan-kawan menjalani latihan sebanyak dua kali pada pukul 08:00-11:00 dan pukul 14:00-17:00. Kemudian, mereka juga harus berlatih satu kali saban Sabtu pagi. Sembari beribadah, para atlet dibantu tim pelatih dan dokter gizi dalam mengasah kemampuan agar siap tampil di berbagai turnamen dalam waktu dekat ini.

"Ramadan ini latihan berjalan seperti biasa. Program juga berjalan seperti biasa. Tapi dari atlet-atlet sendiri ada yang puasa, ada yang nggak. Saya sendiri pun, bulan Ramadan ini, puasa pada hari Sabtu dan Minggu saja. Karena program Sabtu cuma setengah hari, jadi di situ saya bisa berpuasa," ungkap Vito kepada Antara TV, Rabu (12/4).

Sementara, runner-up tunggal putra Osaka International Challenge 2023 Alwi Farhan mengaku cukup kesulitan untuk menjalani latihan sambil menjalani ibadah puasa. Namun, serupa dengan Vito, Alwi tetap berpuasa penuh pada waktu libur dari jadwal latihan di akhir pekan. "Ya, sulit, ada. Tapi masih bisa diatasi karena Sabtu (latihan) setengah hari. Dan minggu rest (istirahat) juga," tuturnya.

Dokter PBSI dr. Vetinly Tan menyatakan, pada dasarnya, frekuensi makan serta jumlah kalori para atlet yang menjalani puasa akan berkurang. Ia pun mengimbau kepada para atlet untuk meningkatkan asupan makanan pada malam hari. "Saya kembalikan lagi ke atletnya. Kalau tetap mau berpuasa, biasanya saya anjurkan untuk manambah porsi makanan di malam hari, supaya total kalori hariannya cukup," pesannya.

Seusai Lebaran, agenda padat bakal dihadapi tim bulu tangkis Indonesia. Dimulai dengan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 atau Badminton Asia Championship 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, 25-30 April. Kemudian, SEA Games Kamboja 2023, 5-16 Mei. Pada SEA Games ke-32 ini, cabang olahraga bulu tangkis berlangsung pada 8-16 Mei di Badminton Hall Morodok Techo.

Lalu, Piala Sudirman 2023 di Suzhou, China, 14-21 Mei.