Agenda Padat Sudah Menanti

Rionny Mainaky, Komang Ayu Cahya Dewi, Edi Sukarno, & Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Rionny Mainaky, Komang Ayu Cahya Dewi, Edi Sukarno, & Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Meski baru saja merampungkan lawatan tur Eropa, agenda padat telah menanti skuad bulu tangkis Indonesia. Masih banyak turnamen maupun kejuaraan bergengsi yang akan masuk dalam penghitungan poin kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Begitu pun tiga agenda terdekat, yaitu Kejuaraan Asia 2023, SEA Games 2023 di Kamboja, serta Piala Sudirman 2023.

"Ke depan kami dihadapkan dengan turnamen-turnamen penting yang juga menjadi target utama PBSI tahun 2023. SEA Games dan Piala Sudirman 2023. Kami membagi dua tim dengan kekuatan yang sama demi meraih hasil maksimal di kedua turnamen tersebut," jelas Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI Edi Sukarno, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Rabu (12/4) malam WIB.

"Tapi sebelum ke sana, kami akan mengirim pemain-pemain terbaik ke Kejuaraan Asia Perorangan di Dubai, Uni Emirat Arab pada 25-30 April ini," tambahnya.

Edi berharap, hasil positif bisa kembali diraih tim bulu tangkis Indonesia di tiga turnamen tersebut, apalagi persiapan sudah digeber sejak dua pekan lalu. "Persiapan sudah mulai dilakukan, hanya beberapa yang belum bergabung setelah ikut turnamen Orléans Masters 2023 pekan lalu," ungkapnya.

"Semoga kita bisa mendapat hasil yang maksimal. Bertanding untuk menang," Edi, menambahkan.

Pengurus Pusat PP PBSI memutuskan menggabungkan kekuatan senior dan junior untuk ajang SEA Games Kamboja 2023, 5-16 Mei. Tim bulu tangkis Indonesia menanggung tugas berat di SEA Games ke-32 dengan target meraih empat medali emas. Kepala Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky tidak mau main-main dalam menentukan pemain yang akan turun berlaga. Rionny dan tim pelatih memutuskan menggabungkan kekuatan senior dan junior untuk memenuhi target tersebut.

Kekuatan tim juga terbagi dengan turnamen Piala Sudirman 2023 yang berlangsung hampir berbarengan dengan pesta olahraga multi-cabang di Asia Tenggara tersebut. Pada SEA Games ke-32, cabang olahraga bulu tangkis berlangsung pada 8-16 Mei di Badminton Hall Morodok Techo. Sementara, Piala Sudirman 2023, 14-21 Mei, di Suzhou, China.