PON Papua 2021 - Atlet Pelatnas Utama Absen, Persaingan Hadir

Christian Adinata tampil di PON Papua 2021 memperkuat DKI Jakarta (Humas PP PBSI)
Christian Adinata tampil di PON Papua 2021 memperkuat DKI Jakarta (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Sejumlah atlet pelatnas utama absen di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, karena tengah mengemban tugas negara memperkuat skuad "Merah Putih" secara estafet di beberapa ajang internasional. Tanpa kehadiran mereka di pesta olahraga nasional ini, persaingan antar-atlet muda semakin meruncing, baik di nomor beregu maupun perorangan.

Setelah menyelesaikan tugas di ajang Piala Sudirman 2021 di Vantaa, Finlandia, Jonatan Christie dan kawan-kawan terbang ke Denmark untuk mengikuti Piala Thomas dan Uber 2020 yang akan dilangsungkan di Aarhus, Denmark, 9-17 Oktober 2021.

"Saya sendiri, jujur, melihat pesertanya, karena tidak ada atlet pelatnas (utama), karena mereka ke Piala Thomas-Uber, jadi persaingan merata. Ya cuma tinggal siapa yang lebih siap karena tidak ada alasan," kata Delegasi Teknis cabang olahraga bulu tangkis PON Papua, Mimi Irawan, di GOR Waringin, Jayapura, mengutip pemberitaan Antara pada Selasa (5/10).

"Karpet sama, kok juga sama dari Yonex," Mimi, melanjutkan. lanjutnya.

Pada PON Papua 2021, sejumlah kontingen diperkuat beberapa atlet pelatnas pratama PBSI. Tercatat 32 atlet pelatnas pratama yang berlaga di pesta olahraga nasional ini. Dari 22 provinsi, ada tujuh provinsi yang diperkuat atlet pelatnas, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Papua, Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Utara, Bali, dan Banten.

Pada hari pertama cabang olahraga bulu tangkis yang digelar pada Selasa (5/10), kontingen Jabar, Jateng, DKI Jakarta, dan Jatim, mendominasi lawan-lawan mereka dengan kemenangan 5-0 pada nomor beregu putra.

Sementara di nomor beregu putri, DKI Jakarta menang 2-1 atas Bengkulu. Papua mengandaskan Maluku Utara 3-0. Bali menaklukkan Kalimantan Timur 2-1, serta Jatim yang menang 2-1 atas Lampung.